Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Dan Harga Ikan Cupang Hias Serta Aduan Termahal

Ikan cupang atau ikan cupan merupakan salah satu jenis ikan cupang hias yang cukup terkenal di Indonesia. Kelebihan lain jikalau teman memelihara ikan ini dalam aquarium, teman tak akan susah payah menyediakan waktu yang banyak untuk mengurusnya. Karena jenis ikan cupang ini mempunyai kekebalan tubuh yang tanggung yaitu bisa bertahan hidup pada kondisi yang minim akan oksigen.

Kelebihan lain yang di miliki jenis ikan cupang ini yaitu mempunyai tubuh yang cantik, sehingga banyak yang mengoleksinya di aquarium maupun tempat lainnya. Khususnya para anak dan orang dewasa yang sekarang sudah merata pada kalayak umum.

Jenis ikan cupang ini termasuk macam ikan hias air tawar yang sangat gampang untuk dipelihara sekalipun buat pemula. Ikan cupang (Betta sp.) yaitu jenis ikan air tawar dari kawasan yang tropis ibarat pada negara kita ini.
 

Banyak sekali yang menemukan jenis ikan manis ini yaitu banyak ditemukan di perairan Asia Tenggara, ibarat Vietnam, Malaysia, Thailand dan termasuk Indonesia.

yah menyediakan waktu yang banyak untuk mengurusnya Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal
Ciri khas ikan ini sangat beragam, akan tetapi jikalau untuk semua jenis iakn cupang ini rata-rata yang ada semuanya empunyai sifat agresif atau suka mempertahankan daerahnya serta cenderung mempunyai aksara yang unik. Namun ada juga yang mempunyai sifat pelembut dan indah serta manis di pandang yaitu jenis ikan hias.

Dalam kalangan para pembudidaya maupun pecinta ikan cupang, ikan ini dibagi menjadi tiga kelompok, antara lain ikan cupang hias, ikan cupang aduan dan jenis ikan cupang liar serta harganya di bawah ini.


Pecinta Ikan Hias? Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal

Beberapa para pecinta jenis ikan cupang khususnya cupang laga, banyak yang mengkawinkan silang lagi yang bertujuan untuk memunculkan anakan yang gres yang manis dan tanggung serta bisa menangan dalam kontes. Dibawah ini ada beberapa jenis ikan cupang yang bisa teman simak.

yah menyediakan waktu yang banyak untuk mengurusnya Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal

 
Ikan Cupang Aduan

Sobat dapat menemukan semua ciri-ciri umum ikan cupang aduan diantaranya ibarat badannya full pressed body (ramping), jikalau dilihat dengan seksama ada cekungan halus dari ujung tubuh hingga samping perut, sisik kecil-kecil tebal, bentuk dahi ibarat ikan arwana.

Tanda lain dari ikan ini yaitu pada pecahan kepalannya hingga bibir, ring bibir berbentuk tebal, sedangkan untuk jari-jari sirip ekor halus rapat (jari-jari sirip yang besar rawan terjangkit jamur, ketika sirip terkoyak atau luka), pembawaannya low profile (santai tapi waspada).

Yang menjadi tragis oleh Kelompok ikan cupang model ini yaitu rata-rata raja tega ketika di medan laga, ciri utamanya pribadi menyerang musuh tanpa ampun, yang menjadi kesukaan pecinta binatang aduan yaitu kadang dari pihak lawan berakhir dengan kematian.

Baca juga: Makanan Ikan Cupang Bernutrisi Tinggi yang Bagus untuk Pertumbuhan

Ikan Cupang Hias

Ikan cupang hias ialah kelompok ikan cupang yang paling banyak dipelihara oleh para pecinta ikan hias. Hal tersebut disebabkan lantaran kelompok ikan cupang ini mempunyai keindahan warna dan sirip pada ekornya. Hal ini tidak ditemukan dalam kelompok ikan cupang aduan ataupun ikan cupang liar. Serta mudahnya dalam pemeliharaan dalam wadah yang kecil sekalipun masih sanggup bertahan hidup.

Sampai ketika ini banyak juga para pembisnis yang memanfaatkan momen untuk membuka sebuah usaha pertokoan yang menyediakan aneka macam macam jensi ikan hias. Yang mengharapkan akan laba yang maksimal serta sanggup melayani para pemelihara lainnya. 


Karena banyak orang yang memelihara kelompok ikan cupang yang satu ini, maka para hobies berlomba-lomba untuk membudidaya dan melaksanakan persilangan dengan jenis ikan lainnya untuk mendapat hasil yang lebih indah dan beragam.

Baca juga: Jenis-jenis Ikan Guppy Termahal dan Tercantik yang Pecinta Ikan Hias Harus Tahu

Jenis-jenis dan Harga Ikan Cupang Termahal di Dunia

Bentuk cupang menurut evaluasi kontes Masyarakat Cupang Hias Indonesia (MCHI), dari kiri ke kanan (1) Halfmoon, (2) Crown Tail, (3) Plakat, (4) Double Tail.

Dalam hal ini Seperti telah disinggung di atas, para pecinta ikan cupang yang khususnya aduan maupun laga serta cupang hias, mengelompokkan jenis ikan cupang menurut penampakan bentuk dan warnanya.

Setiap hasil silangan yang mempunyai bentuk dan aksara yang khas, serta akan diberikan nama tersendiri. Seperti bentuk tubuh, warna, dan sifat ikan cupang sendiri.

Bentuk cupang menurut evaluasi kontes Masyarakat Cupang Hias Indonesia (MCHI), dari kiri ke kanan

(1) Ikan Cupang Halfmoon
(2) Ikan Cupang Crown Tail
(3) Ikan Cupang Plakat
(4) Ikan Cupang Double Tail

Berikut ini sedikit kesimpulan ihwal klarifikasi lengkapnya mengenai jenis-jenis dan harga ikan cupang termahal serta paling terkenal di dunia yang wajib para pecinta ikan cupang ketahui sebelum ikut memelihara dan membudidayakannya dalam aquarium maupun sebagai aduan:

1. Jenis Ikan Cupang Halfmoon (Bulan Sepotong)

Jenis-jenis, foto dan harga ikan cupang cupan hias aduan termahal di dunia Halfmoon (Bulan Sepotong)

yah menyediakan waktu yang banyak untuk mengurusnya Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal
Seperti namanya, jenis ikan cupang halfmoon sanggup di tandai dengan mempunyai serta mempunyai sirip dan ekor yang seolah menyatu membentuk setengah lingkaran. Jika dilihat dari samping, serta yang menjadi keunikan tersendiri yaitu sirip cupang halfmoon berbentuk ibarat bulan sebelah.

Kebanyakan dari pecinta ikan cupang halfmoon ini memeliharanya lantaran keindahan dan kecantikannya yang sangat menawan. Jenis ikan cupang ini mempunyai varian warna yang sangat bermacam-macam mulai dari kuning, merah menyala dan aneka macam varian warna lainnya.

Harga Ikan Cupang Halfmoon (Bulan Sepotong)

Rp 5.000 – Rp 300.000

Harga ini biasanya akan bertambah semakin mahal bila ikan telah menang kontes atau lomba. Dan juga jikalau peminatnya semakin banyak akan semakin mahal pula yang mulai dari terkecil hingga tercantik dan besar.

Baca juga: Jenis Ikan Louhan Termahal dan Terbesar di Dunia

2. Jenis Ikan Cupang Crown Tail (Serit)

Jenis-jenis, foto dan harga ikan cupang cupan hias aduan termahal di dunia Crown Tail (Serit)


yah menyediakan waktu yang banyak untuk mengurusnya Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal
Pertama kali kemunculan jenis ikan cupang serit ini, bisa menjadi sebuah pujian tersendiri di kalangan pecinta ikan hias khususnya masyarakat para pecinta ikan cupang Indonesia, lantaran ikan cupang serit ini dilahirkan dan di sempurnakan dalam pembudidayaan oleh para hobies dari kawasan Slipi, Jakarta pada waktu itu.
 

Karena variasi keindahannya yang di buat oleh para penghobi cupang aduan atau kontes ini, ikan cupang serit menjadi mendunia. Ikan hias air tawar ini disebut crown tail atau ekor mahkota, lantaran jikalau dibalik atau sedang merangsang menghadap ke atas, serit-serit yang terdapat pada ekornya akan terlihat ibarat mahkota raja yang terlihat mempesona dan cantik.

Terdapat banyak juga jenis dari varian ikan cupang ini. yaitu ada yang seritnya tunggal, dimana dalam setiap serit hanya terdapat satu tulang sirip. Ada juga yang berserit dua atau serit ganda. Semua tergantung ketika menentukan perkawinan antar jenis cupang.

Yang menjadi trang topik yaitu, dalam segi keindahan dan kecantikan ikan cupang serit telah diakui dunia dan dipertandingkan di International Betta Congress (IBC).

Harga Ikan Cupang Crown Tail (Serit)

Rp 5.000 – Rp 300.000

Baca juga: Jenis dan Harga Ikan Discus Termahal yang Menarik Pecinta Ikan Hias
3. Jenis Ikan Cupang Plakat (Petarung atau Aduan)


Jenis-jenis, foto dan harga ikan cupang cupan hias aduan termahal di dunia Plakat (Petarung atau Aduan)

yah menyediakan waktu yang banyak untuk mengurusnya Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal
Plakat berasal dari istilah di Thailand yang maknanya kurang lebih yaitu tarung atau laga. Sesuai dengan namanya, jenis ikan cupang ini biasa dipakai sebagai cupang aduan oleh para pecinta dan pembudidaya serta pemelihara dari banyak kalangan.

Dari dulu negara Thailand memang mempunyai tradisi sabung cupang yang telah melegenda. Sirip dan ekor ikan cupang plakat biasanya pendek tidak menjumbai ibarat cupang halfmoon dan serit.

Karena pendek, sirip tersebut menunjukkan kesan kokoh dan kekar. Gerakan jenis ikan cupang aduan yang satu ini tidak terlalu anggun namun terlihat lebih sangar. Sebab itu banyak sekali yang menentukan jenis ikan ini untuk di jadikan senjata tersendiri untuk bisa di buat aduan pada medan laga.

Harga Ikan Cupang Plakat (Petarung atau Laga)

Rp 5.000 – Rp 300.000

Baca juga: Jenis-Jenis Ikan Arwana Termahal dan Paling Bagus beserta Gambarnya

4. Jenis Ikan Cupang Double Tail (Cagak)

Jenis-jenis, foto dan harga ikan cupang cupan hias aduan termahal di dunia Double Tail (Cagak)


yah menyediakan waktu yang banyak untuk mengurusnya Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal
Jenis ikan cupang ini disebut double tail lantaran sanggup di tandai dan mempunyai ciri-ciri pada bagian ekornya terbelah menjadi dua bagian, yaitu ibarat bercagak dua. Oleh para pembudidaya serta pemelihara menyampaikan kalau ikan cupang double tail tergolong sulit dikembangkan. Oleh lantaran itu keberadaannya masih jarang dijumpai di pasaran.

Harga Cupang Double Tail (Cagak)

Rp 10.000 – Rp 300.000

Baca juga: Jenis-Jenis Ikan Koi Termahal dan Terbaik

Bagaimana sesudah membaca ulasan dan melihat foto-foto ikan cupang di atas, apakah kau tertarik untuk membeli ikan cupang tersebut?
Nah itulah jenis-jenis ikan cupang atau ikan cupan yang bagus untuk dipelihara untuk hobies.


Sekian dulu teman sedikit menyebarkan ihwal Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal ini, supaya bermanfaat dan menambah wawasan untuk bisa mengetahui semua jenis hasil alam sebelum memeliharanya.
berbagai sumber

Baca juga:
Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Praktis Dipelihara dan Paling Populer Di Indonesia
Cara Membuat Aquascape pada Aquarium yang Murah dan Praktis untuk Pemulaa

Post a Comment for "Jenis Dan Harga Ikan Cupang Hias Serta Aduan Termahal"