Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Ia Tips Cara Budidaya Jenis Udang Hias Air Tawar, Merawat, Serta Harganya

Jenis Udang Hias Air Tawar, Harga, Cara Merawat Dan Budidayanya , iinfoikan.blogspot.co.id- udang hias merupakan piliahan yang cocok untuk mengisi akuarium aquascape selain dari beberapa jenis ikan hias.

 udang hias merupakan piliahan yang cocok untuk mengisi akuarium aquascape selain dari beb Ini Dia Tips Cara Budidaya Jenis Udang Hias Air Tawar, Merawat, Serta Harganya



Udang hias air tawar akan memeriahkan aquascape teman dengan warnanya yang cerah nan bagus dan juga trasparan. Ada banyak pilihan warna dan jeninya.

Berikut ini akan majalah ikan share beberapa jenis udang hias air tawar, harga, cara merawat dan juga budidayanya bagi teman yang ingin mencoba untuk mengais rizki darinya.

Jenis – Jenis Udang Hias Air Tawar Kisaran Harga Dan Cara Merawatnya



1. Jenis Udang Hias Air Tawar Red Cherry Shrimp (  RCS )


Udang hias jenis Red Cherry Shrimp di Indonesia sendiri udang ini lebih terkenal dengan warna merah. Walaupun bersama-sama banyak pilihan warna dari jenis udang hias Red Cherry Shrimp.

Ketika teman menginginkan udang bagus ini untuk mengisi akuarium aquacape, kisaran harganya cukup bersabat dan sebanding dengan keindahan dan kecantikanya.

Harga udang hias Red Cherry Shrimp di pasaran sekitar Rp 10.000 sampai 20.000 ribu per ekornya.

Sedangkan cara merawat udang hias Red Cherry Shrimp ini yang perlu diperhatikan yakni sifatnya yang sensitif terhadap fluktuasi kimia air atau zat adiktif.

Sedangkan suhu yang paling ideal untuk merawat RCS 25 - 27 derajat celcius. Sedangkan kadar Ph yang pas untuk merawatnya yakni kisaran 6,2 - 7,3.

Untuk melihat kesempurnaan kecantikan Red Cherry Shrimp yang diharapkan yakni setingan aquascape yang gelap dan tumbuhan hijau.

Pada kesempatan yang akan tiba akan dibahas secara mendetail untuk udang hias yang satu ini.


2. Jenis Udang Hias Air Tawar Black Rili Shrimp


Udang hias Black Rili Shrimp, sesuai dengan namanya, udang hias yang satu ini mempunyai keunikan dengan warna putih dan bintik - bintik hitam.

Cara merawat udang hias Black Rili Shrimp bertolak belakang dengan udang hias Red Cherry Shrimp, sebab setingan aquascape yang jelas dengan subtrak yang cerah akan membutnya tampak begitu cantik.

Kecantikan udang hias Black Rili Shrimp bisa teman miliki hanya dengan harga sekitar rp 10.000 per ekor.


3. Jenis Udang Hias Air Tawar Blue Pearl Shrimp


Blue Pearl Shrimp yakni udang hias yang mempunyai warna biru terang. Udang ini sangat bagus ketika pada malam hari.

Karena warnanya yang biru, akan sangat cocok dengan setingan aquascape yang terang.

Harganya juga tidak jauh beda denga jenis udang hias Red Cherry Shrimp dan Black Rili Shrimp, yakni berkisar Rp 10.000 per ekornya.


4. Jenis Udang Hias Air Tawar Red Bee Shrimp


Red Bee Shrimp juga bagus dan akan mewarnai aquascape sahabat. Warnanya putih susu dengan warna merah sangat harmonis dengan setingan aquascape yang higienis dan tumbuhan hijau.

Kisaran harga udang hias Red Bee Shrimp juga tidak berbeda jauh dengan udang hias air tawar yang lainya. Yakni hanya Rp 10.000 per ekornya.


5. Jenis Udang Hias Air Tawar Yellow Fire Shrimp


Sesui dengan namanya Yellow Fire Shrimp, udang  bagus ini mempunyai warna kuning yang trasparan.

Cara merawat udang hias Yellow Fire Shrimp ini setingan aquascape dengan subtrat hitam dan tumbuhan hijau biar si Yellow Fire Shrimp terlihat semakin bagus dan indah.

Sedangkan kisaran harga udang hias air tawar Yellow Fire Shrimp yakni Rp 10.000 per ekornya.


6. Jenis Udang Hias Air Tawar Mandarin Shrimp


Jika jenis ikan hias yang mempunyai manfaat higienis - higienis akuarium yakni ikan sapu sapu, untuk jenis udang hias yang suka higienis
bersih akuarium yakni Mandarin Shrimp.

Uadang Mandarin Shrimp mempunyai kombinasi warna yang sangat cantik, yakni orange tranparan dengan bintik bintik merah. Yang menjadikanya nampak jelas dan bercahaya.

Selain itu Mandarin Shrimp yakni jenis udang hias air tawar yang gampang berkambang biak.


7. Jenis Udang Hias Air Tawar Cardinal Shrimp


Banyak diantara jenis ikan hias yang berasal dari Indonesia mirip contohnya arwana, botia dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk jenis udang hias air tawar orisinil indonesia yakni Cardinal Shrimp. Yang mana habitat aslinya yakni Sulawesi.

Udang hias orisinil Indinesia ini juga tidak kalah bagus dengan udang asal manca negara. Warnanya gelap kemerah merahan yang dikombinasi dengan bintik bintik putih diseluruh tubuhnya dan pada ujung ekornya berwarna putih.

Cara merawat udang hias air tawar orisinil indonesia ini, dianjurkan pada dasar aquascape diisi dengan watu karang. Karena berjalan menysuri watu batu karang yakni kesukaan udang hias Cardinal Shrimp.


8. Jenis Udang Hias Air Tawar Red Nose Shrim


Selain bagus udang hias Udang Red Nose Shrim juga unik. Pasalnya hidungnya yang ibarat cula dan warna putih transparan disertai garis-garis merah menyala.

Berbeda dengan udang hias Cardinal Shrimp yang berasal dari Indonesia, udang hias Red Nose Shrim yakni udang yang berasal dari India.

Itulah beberapa jenis udang hias air tawar, kini mari kita lihat bagaimana cara merawatnya.

Cara Memelihara Dan Merawat Jenis Jenis Udang Hias Air Tawar Secara Umum




Setelah teman memelih salah satu dari jenis udang hias air tawar yang disebutkan diatas, ada baiknya teman juga tahu bagaimana cara merawat udang hias pilihan sahabat

Secara umum cara merawat udang hias air tawar sama, hanya saja teman harus cerdik menyesuaikan subtrat dengan warna sang udang dalam setingan aquascqpe.

Karena ada udang hias yang tampak bagus dengan subtrat yang cerah ada juga yang terlihat indah dengan subtrat yang gelap.

Ketelaenan dan juga kesabaran yakni modal utama dalam cara merawat udang hias air tawar. Jika teman sudah mempunyai modal itu mari kita lanjut ke langkah berikutnya.


 Setting Akuarium

Akuarium merupakan wadah yang akan digunakan merawat udang hias air tawar, menyettingnya yakni kunci suksesnya.

Setting yang paling baik yakni menciptakan mirip bagaimana udang hias ini hidup di alam liar, walaupun udang hias yang dijual dipasaran yakni hasil dari budidaya.

Cara setting akuarium untuk udang hias sebaiknya diberi tumbuhan tanaman hijau hijauan dan juga bersih, sebab udang suka denagan settingan mirip itu.

Pemberian pasir halus dan juga kerikil juga penting biar udang hias bisa berjalan jalan di atasnya. Selain itu bisa juga ditambahkan karang karangan untuk bersembunyi sang udang.


Setting Filter Akuarium


Akuarium tanpa filter tentunya akan berdampak kurang baik bagi penghuninya, terutama udang hias.

Maka setting filter dengan baik sebab filter akauarium yang baik akan menciptakan kondisi akuarium higienis dan sehat sehingga penyakit yang akan mengakibatkan kematian pada udang sanggup teratasi dengan baik.

Perhatikan Penggunaan zat Adiktif

Memperhatikan penggunaan zat adiktif sangatlah penting dalam cara merawat udang hias air tawar.

Karena zat adiktif ini disamping akan membantu pertumbuhan udang juga bisa menciptakan udang menjadi setres dan mati kalau kita terlalu banyak menggunakannya.

Untuk itu kurangilah penggunaan berlebih zat adiktif ini.

Cara Budidaya Jenis Jenis Udang Hias Air Tawar


Untuk membudidayakan udang hias air tawar juga dibutuhkan ketelatenan dan juga kesabaran. Dan Berikut yakni langkah langkahnya:

1. Habital Ideal Udang Hias Air Tawar

Walaupun udang hias bisa bertahan di dalam air degan pH 6.8 sampai 8.0. Akan tetpai kondisi pH mirip ini bisa menjadikan sres bahkan kematian untuk udang dari Asia.

Idealnya untuk pH air dalam budidaya udang hias yakni 6,2 - 7,3 dan suhu 25 - 27 derajat celcius.

2. Campur Dengan Ikan Hias Yang Seukuran

Lebih baiknya untuk budidaya udang hias dipisahkan dari jenis ikan hias. Akan tetapi ingin mencampur dengan ikan hias dalam satu akuarium sebaiknya yang seukuran.

Seperti contohnya ikan neon tetra, ikan hias platy, ikan hias molly dan beberapa ikan yang seukuran dengan udang hias.

Karena kalau teman seakuarium lebih besar dari udang hias bisa mengakibatkan udang terus bersembunyi sebab takut.

3. Setting Akuarium

Sama halnya dengan cara merawat udang hias, dalam budidaya udang hias setting akuarium mirip habitat asalnya dan juga setting filter akuarium juga sangat penting.

4. Makanan Udang Hias Dan Pemberianya


Memperhatikan masakan udang hias air tawar pada ketika membudidayakan haruslah telaten. Karena dari seiap jenis udang hias mempunyai selara makan yang berbeda beda.

Seperti contohnya jenis udang hias Neocaridina / Caridina atau Halocaridina Rubra, jenis masakan yang diberikan berupa hijau hijauan mirip slada beku, daun kubis, alga,atau spirulina tablet.

Sedangkan Jenis udang hias pearl yang suka menghabiskan waktu di pasir sebaiknya jenis masakan yang diberikan berbahan dasar daging atau tablet.

Untuk udang hias Spesies Macrobachium bisa diberi memakan cacing darah beku, udang renik beku dan cacing rambut.


Udang Atya bertipe pembersih sehingga suka memakan artemia.

Selesai sudah pembahasan kali ini wacana Jenis Udang Hias Air Tawar, Harga, Cara Merawat Dan Budidayanya

Sekian dulu sobat sedikit membuatkan wacana Cara Budidaya Jenis Udang Hias Air Tawar, Merawat, Serta Harganya ini, semoga bermanfaat dan mendapat hasil yang maksimal.

Berbagai sumber.

Post a Comment for "Ini Ia Tips Cara Budidaya Jenis Udang Hias Air Tawar, Merawat, Serta Harganya"