Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Cupang Giant, Sejarah Dan Cara Merawatnya

Ikan cupang giant | iinfoikan.blogspot.co.id  atau ikan cupang giant betta yang merupakan salah satu dari beberapa jenis ikan cupang yang mempunyai ukuran yang paling besar. Jenis ikan ini sanggup di ketahui dengan mempunyai ukuran panjang sanggup mencapai lebih dari 11 cm. Dengan ukuran sebesar ini, banyak juga pecinta ikan hias yang membicarakannya. Meskipun mempunyai ukuran badan yang besar, akan tetapi dalam hal kreatifitasnya masih menyerupai ikan cupang yang berukuran normal. Akan tetapi ada kekurangannya juga dalam hal aktifitas ketimbang ikan kecil yang sangat lincah.

 betta yang merupakan salah satu dari beberapa  Ikan Cupang Giant, Sejarah Dan Cara Merawatnya

Ciri keganasan ikan cupang giant, Jika teman memelihara dalam satu wadah aquarium atau yang lainnya, ketika pengen menerangkan sendiri akan sifat kerasnya teman sanggup mengetahui dulu beberapa pekanya sebelum menyerang lawannya berikut ini :

  • Ketika melihat musuhnya, insang ikan terbuka dengan gerakan yang selalu ingin menyerang.
  • Siripnya bergerak naik seolah-olah ingin memperlihatkan kemarahannya. Namun, meskipun mempunyai sifat yang keras
  • untuk keindahan yang dimiliki ikan cupang pada umumnya masih menempel di ikan cupang giant juga.
Kekurangan yang ada pada  ikan cupang giant jenis serit dan halfmoon dikala ini yaitu bentuk siripnya masih kurang kuat. Hal ini sangat berbeda dengan ikan cupang halfmoon dan ikan cupang serit yang mempunyai bentuk normal tidak menyerupai jenis ikan cupang giant ini.

Ini Dia-Sejarah Ikan Cupang Giant

Pada tahun 2001, Uncle Sala mulai memasarkan ikan cupang giant ini.
Setahun kemudian, ikan cupang giant di ikutsertakan dalam kontes internasional yang berjulukan IBC di Amerika Serikat. Pada dikala itu, Pada awal kemunculannya,  ikan cupang giant ini dibandrol dengan kisaran harga $1000.
ikan cupang giant sanggup mencapai ukuran 7,5 cm yang membutuhkan waktu pemeliharaan sekitar 8-9 bulan. Namun, dikala ini untuk mencapai ukuran yang sama, ia hanya membutuhkan waktu 5 bulan saja. 


Selain itu, warna dan sirip yang dimiliki ikan cupang giant juga dikala ini semakin bervariasi, serta sudah muncul jenis ikan cupang giant, antara lain: ikan cupang giant halfmoon, giant crowntail, dan giant double tail.


 betta yang merupakan salah satu dari beberapa  Ikan Cupang Giant, Sejarah Dan Cara Merawatnya
  
Beberapa pecinta ikan hias khususnya ikan cupang menyampaikan kalau untuk jenis cupang giant ini berasal dari thailand yaitu : 

Ikan cupang giant pertama kali dikembangbiakkan oleh Mr. Athapon (Uncle Sala) dan putranya Mr. Natee. Kedua breeder tersebut berasal dari Thailand dan pemiliki dari Diamond Fish Farm. Keduanya mulai mengembangbiakkan ikan cupang giant pada tahun 1999. Awalnya, breeder ini mempunyai ikan cupang plakat jantan dengan panjang 10 cm. Kemudian breeder ini mempunyai inspirasi untuk mengawinkan ikan cupang plakat tersebut dengan ikan cupang yang mempunyai ukuran yang hampir sama dengan ikan cupang plakat yang dimilikinya. 


Tujuan perkawinan silang ikan cupang tersebut ialah untuk mendapat ikan cupang yang mempunyai ukuran lebih besar dari ikan cupang lainnya.
Keduanya terus mencoba untuk mengawin silangkan kedua ikan cupang tersebut untuk mendapat hasil yang diinginkannya. Usaha kedua breeder tersebut memperoleh hasil positif. Ukuran dan bentuk ikan cupang yang dikehendakinya sanggup tercapai. Kemudian ikan cupang ini diberi nama ikan cupang giant betta.

Tips Memelihara Ikan Cupang Giant

Jika teman ingin memlihara serta membudidayakan jenis ikan cupang ini, teman sanggup menggandakan cara utama pada ikan cupang sebelumnya, yaitu tidak begitu berbeda ketika merawat ikan cupang pada umumnya. 

Yang harus teman perhatikan dikala mau memelihara jenis ikan cupang giant ini ialah lantaran mempunyai bentuk dan ukuran badan yang besar, maka teman sanggup
menyiapkan akan perbedaan tersebut yang mencakup :

Ukuran Wadah-Ikan Cupang Gint

Sobat harus sanggup menyediakan wadah yang lebih besar dari yang lainnya. Ukuran aquarium 20 cm X 15 cm atau 15 cm X 15 cm jikalau teman ingin memeliharanya pada wadah tersebut dengan catatan untuk jenis ikan cupang giant yang berumur kisaran 2,5 bulan. 

Akan tetapi, dalam hal ini teman harus menyediakan jenis daerah atau aquarium yang lebih besar lagi untuk pemeliharaan jenis ikan cupang yang sudah berumur 3,5 bulan yaitu teman sanggup menciptakan aquarium dengan ukuran kisaran 25 cm X 25 cm. Sobat tentunya sudah tau di balik semua persediaan ini yaitu semoga pertumbuhan dan perkembangan ikan cupang giant sanggup menyesuaikan bentuk tubuhnya yang sanggup tumbuh besar serta sanggup leluasa kesana kemari.


 betta yang merupakan salah satu dari beberapa  Ikan Cupang Giant, Sejarah Dan Cara Merawatnya

Penggunaan Aerator (Gelembung Udara)
Ini juga sangat penting untuk kreatifitas serta keaktifan dalam menyesuakan tempatnya, serta untuk jenis ikan yang berukuran agak besar menyerupai ini
sobat sanggup menyediakan yang namanya aerator yang bertujuan ikan cupang giant tadi sanggup aktif dan agresif. Dikarenakan jikalau teman memelihara cupang giant yang sudah berumur kisaran 3,5 bulana, biasanya akan terasa malas bergerak yang di sebabkan dengan meimiliki ukuran badan yang lebih besar dari jenis jenis iakn cupang lainnya.

 betta yang merupakan salah satu dari beberapa  Ikan Cupang Giant, Sejarah Dan Cara Merawatnya

Pemberian Pakan-Ikan Cupang Giant
Jika teman memelihara jenis ikan ini, usahakan untuk selalu memperhatikan problem dengan urusan makanannya. Jika teman menginginkan akan perkembangbiakan atau biar sanggup tumbuh besar, maka teman sanggup memperlihatkan pakan yang lebih dari biasanya. memang cukup menyita perhatian dalam memelihara ikan cupang giant ialah tunjangan pakan ikan ini. Baca makanan terbaik ikan cupang.

Berbeda jikalau peliharaan teman jenis ikan cupang yang berukuran normal, maka sanggup nyantai dan enjoy serta tidak membutuhkan banyak waktu untuknya.
yang perlu di perhatikan yaitu untuk ikan cupang giant yang mempunyai umur sekitar 2 hingga 4,5 bulan, teman sanggup memberinya makan mencapai 3-kali dalam sehari.  


 betta yang merupakan salah satu dari beberapa  Ikan Cupang Giant, Sejarah Dan Cara Merawatnya


Sedangkan untuk ikan cupang giant yang mempunyai umur diatas 4,5 bulan, sebaiknya sanggup lebih berhemat berusaha mengurangi makananya yaitu menjadi 2-3 kali dalam sehari. Tentunya teman sudah tau sendiri yang mana hal ini disebabkan oleh pencernaan ikan cupang giant pada usia tersebut sudah mulai melemah.

 betta yang merupakan salah satu dari beberapa  Ikan Cupang Giant, Sejarah Dan Cara Merawatnya

Sekian dulu teman sedikit membuatkan wacana Ikan Cupang Giant, Sejarah Dan Cara Merawatnya ini, semoga menambah wawasan kita untuk terus sanggup mengetahui semua jenis ikan cupang ini dalam pemeliharaan yang sehat pada jenjang berikutnya.
Berbagai sumber.



Post a Comment for "Ikan Cupang Giant, Sejarah Dan Cara Merawatnya"