Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menentukan Ikan Oscar Yang Anggun Dan Merawatnya

Memilih Ikan Oscar yang Bagus jenis ikan hias yang gampang dipelihara. Harga oscar sendiri sangat hemat terutama jenis oscar tiger yang menjadi salah satu osacar terkenal dijual.

Tentunya untuk mendapat oscar ini, Anda harus benar-benar mengetahui ciri-ciri ikan oscar secara keseluruhan. Atau paling tidak sanggup melihat jenis warnanya yang kelihatan jelas. Baik oscar jantan maupun betina, entah harganya mahal maupun harga oscar yang murah. Maka, dari sinilah teman akan menemukan dan sanggup memilih ikan oscar yang bagus. Berikut Anda sanggup melihat dan memperoleh oscar yang berkualitas bagus.

 Sudah tau ciri ciri morfologi ikan oscar Tips Memilih Ikan Oscar yang Bagus dan Merawatnya


Tips Memilih Ikan Oscar yang Bagus

Bila anda sebagai pemula ingin memiliki oskar yang anggun maka beberapa hal yang pantas anda perhatikan hal-hal sebagai berikut;
Kesehatan
 

Hal pertama yang harus diperhatikan dikala menentukan ikan oscar yang anggun yaitu kesehatan ikan. Oskar yang sehat, bukan saja dalam kondisi terjangkit penyakit, tetapi tidak ada cacat bekas serangan penyakit. Badannya harus utuh, dalam arti tidak ada bekas cacat dan sirip-siripnya atau sisiknya terkelupas. Gerakannya harus wajar, tidak ‘’megap-megap’’ di permukaan apalagi dengan perilaku renang yang menyentak-nyentak. Oskar yang gerakannya begini kemungkinan terjangkit penyakit pada insangnya, sehingga terganggu aktifitas pernafasannya.
 

Gerakan oskar ini memang agak berbeda dengan ikan lainnya. Oskar yang gagah ini lebih sering meluncur daripada berenang berlenggak-lenggok. Makara bila kebetulan melihat ikan ini meluncur,jangan di klaim ikan ini mengidap penyakit. Namun memang demikian gayanya berenang.
 

Kesehatan oskar sanggup pula dilihat dari gerakannya menyantap makanan. Oskar yang sehat akan sangat respon bila diberikan makanan, terutama yang masih hidup. Bila oskar terlihat tidak mau menyantap makanan, terkecuali sudah kenyang sebaiknya diperhatikan betul, sebab kemungkinan kena penyakit. 

 Sudah tau ciri ciri morfologi ikan oscar Tips Memilih Ikan Oscar yang Bagus dan Merawatnya


Keserasian Warna Oscar
Ciri-ciri ikan oscar yang anggun sanggup dilihat keserasian dari ikan yang hendak kita beli hendaknya juga mendapat perhatian. Keserasian yang menyangkut warna, bentuk, dan ukuran antara jantan dan betina, boleh jadi akan  menimbulkan oskar yang kita punyai kurang lezat di pandang. Ikan-ikan yang memiliki tubuh indah tentu akan lebih lezat dinikmati daripada oskar yang warnanya tidak karuan. 


Warna oskar yang anggun yaitu coklat kehitaman dengan bercak berwarna kuning kemerahan atau merah cukup lebar pada sisi badannya. 


Ikan yang bercak merahnya hanya sedikit, biasanya murah , sebaiknya tidak perlu dipilih. Usahakan juga jangan menentukan ikan yang kepingan merahnya luntur menyerupai mengelupas. Ini merupakan tips cara menentukan ikan oscar yang anggun yaitu bisa melihat warnanya.


Selain warna, perhatikan juga keserasian bentuk badannya. Jangan membeli oskar yang bentuk siripnya tidak normal atau ekornya bengkok. Keserasian bentuk tubuh ini memang masih berkaitan dengan kesehatan oskar. Selain itu keserasian ukuran antara jantan dan betina hendaknya juga mendapat perhatian. 


Jangan membeli oskar jantan yang berukuran lebih besar daripada betina atau sebaliknya. Sekalipun mustahil sama persis, hendaknya perbedaan itu tidak terlalu mencolok. Dengan demikian kita akan mendapat pasangan oskar yang selain sama umurnya, ukurannya pun seimbang. 

 Sudah tau ciri ciri morfologi ikan oscar Tips Memilih Ikan Oscar yang Bagus dan Merawatnya















Memilih Ikan Oscar yang Bagus - Umur dan Ukurannya
Tidak beralasan memang, bagi yang menyarankan untuk membeli oskar yang sudah berumur tertentu. Kecuali bila anda berminat hendak mengawinkan, memang seharusnya menentukan oskar yang berumur antara 1,5-2 tahun yang sudah menginjak masa matang kelamin. Dan tentu saja panjangnya antara 15-20 cm. 


Namun bila anda sekedar ingin memajangnya, maka bisa menentukan oskar yang gres berumur 6-7 bulan. Oskar seumur ini biasanya ukurannya tidak terlalu besar, namun sebagian besar warnanya sudah muncul. Dengan panjang sekitar 10 cm oskar yang gagah ini sudah bisa menghiasi akuarium anda.

Keseimbangan
Hal-hal lain yang patut diperhatikan lagi dikala menentukan ikan oscar yang anggun yaitu keseimbangan gerakan oskar. Ini bahwasanya masih berkaitan dengan  kesehatan ikan, yang telah disinggung di atas. Pilihlah oskar yang gaya berenangnya normal atau lempeng. 


Jangan sekali-kali tertarik dengan oskar yang cara berenangnya tidak normal alias miring ke kiri atau ke kanan, sekalipun badannya penuh dengan warna merah cerah. Oskar yang berenang terseok-seok kemungkinan organ tubuhnya sebelah dalam terganggu dan itu akan mengurangi keindahan gerak dan pesonanya. 

 Sudah tau ciri ciri morfologi ikan oscar Tips Memilih Ikan Oscar yang Bagus dan Merawatnya




Dimana Sebaiknya Membeli dan menentukan Ikan Oskar yang Bagus Berkualitas?

Tempat untuk mendapat ikan oskar terkadang menjadi duduk kasus yang cukup pelik bagi kita, sebab menyangkut soal biaya dan waktu. Jika kita memiliki cukup banyak uang dan hanya sedikit waktu yang tersedia, kita bisa membeli oskar yang anggun di toko-toko ikan hias dan akuarium yang banyak berjajar di pusat-pusat keramaian dan perbelanjaan. 

Sebaliknya kalau kita memiliki cukup banyak waktu yang terluang dengan hanya sedikit uang di kantung, kita bisa memburu untuk mendapat oskar yang  anggun pribadi di petani, yang terperinci tinggalnya jauh dari sentra keramaian dan perbelanjaan.

Tips Merawat Ikan Oscar yang Baik dan Cepat Besar

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sehabis memilih ikan oscar yang bagus dalam merawat oskar. Kadang-kadang suatu hal yang kelihatannya sepele, bisa berakibat merepotkan apabila lalai di perhatikan oleh para hobiis ataupun pemula. Juga kasus kawasan yang sering luasnya tidak sesuai bila dibandingkan dengan jumlah oskar yang kita punyai. 

Untuk mengurangi hambatan dalam merawat oskar-oskar kesayangan kita, hendaknya di perhatikan hal-hal menyerupai berikut;

Kualitas Air

Meski oskar terkenal tidak pedulian terhadap perubahan kualitas air sepanjang masih jernih, namun untuk mendapat oskar yang sehat dan bagus, hendaklah air mendapat perhatian ekstra.
Suhu air
 

Suhu air kuat terhadap metabolisme ikan. Dengan kondisi suhu yang optimum. Maka oskar akan memperoleh kenyamanan hidup sehingga bisa tumbuh wajar. 

Suhu air yang optimum ini juga sangat penting peranannya apabila kita berminat memijahkan oskar, yaitu dikala menetaskan telur-telur oskar. Suhu yang rendah akan menimbulkan penetasan telur bertambah usang sehingga kemungkinan jamur menyerang akan lebih besar. 

Jika suhu air hingga pada batas yang tidak sanggup ditolelir, akan menimbulkan telur tidak bisa menetas.

Oskar sanggup tahan hidup pada kisaran suhu yang besar antara 22-29 drajat c. Malah pada suhu 21 derajat c masih dianggap bagus. Sedangkan untuk keperluan pemijah sebab menyangkut suhu untuk penetasan telur oskar lebih menentukan antara 25-26 derajat c. 


Meski sudah disebutkan bahwa ikan sanggup hidup pada kisaran suhu yang tinggi, namun berarti goncangan suhu boleh terjadi seenaknya. Ikan ini toh akan stres kalau terjadi perubahan suhu, terlebih yang terjadi mendadak, dengan skala yang sangat besar.

Keasaman (PH) air 

Memilih ikan oscar yang bagus harus diimbangai dengan merawatnya yang sesuai. Keasaman yang di nyatakan sebagai ph (puissance negative de H) merupakan logaritma negative dari dari kepekatan ion-ion H yang terlepas dari suatu cairan/larutan. Keasaman air ini akan mempengaruhi terhadap kelangsungan hidup tumbuh-tumbuhan dan binatang dalam air. 

Untuk menyatakan PH air ini di pakai 1 hingga 14 . Angka 7 disepakati sebagai angka netral, di bawahnya asam, sedangkan di atasnya basa. Untuk mengukur keasaman air digunakan kertas Ph yang pada kotaknya terdapat skala yang menunjukkan angkanya menurut warna kertas Ph yang sudah di celup. Ambil sebuah sebuah kertas ph dan celupkan ke dalam air, cocokkan warnanya dengan skala ph.
 

Untuk budidaya oskar, kita perlukan ph yang agak basa yaitu kurang lebih 7,5. Untuk mendapat ph air yang sesuai biasanya air di tampung dulu selama kurang lebih 24 jam. Air yang renta (lama di tampung) ph.nya tinggi.

Kandungan Oksigen
Oksigen sangat di butuhkan oleh makhluk hidup terutama dikala memilih ikan oscar yang bagus dalam akuarium penjual. Karena merupakan kepingan utama dalam metabolisme. Untuk ikan Oscar, oksigen diambil dari air yang masuk melalui insang. Oleh selaput insang oksigen ini di pisahkan dan di serap dari air. Air keluar melalui lubang insang sedangkan oksigen masuk ke dalam tubuh ikan bercampur dengan sel-sel darah merah.
 

Sedemikian pentingnya fungsi oksigen bagi ikan  sehingga kekurangan oksigen sanggup mengganggu keseimbangan ikan. Bila ikan kekurangan oksigen dalam tempo usang contohnya terangkat dari air dikala dipindahkan  maka ikan sanggup “lumpuh” . Namun demikian ada beberpa ikan yang memiliki ketahanan terhadap kadar oksigen rendah, yaitu golongan ikan labirinth dan lele-lelean. 

Golongan ikan ini memiliki alat pernafasan embel-embel pada rongga insangnya sehingga ia bisa mengambil oksigen pribadi dari udara. Sehingga sekalipun kandungan oksigen dalam air rendah, tidak kuat bagi mereka.
Kandungan oksigen yang dikehendaki untuk membudidayakan oskar ini minimal 1-3 ppm. 


Karena pemeliharaan oskar dilakukan pada kawasan yang terbatas, maka kekurangan oksigen akan lebih gampang di atasi, contohnya diberi aerasi. Aerasi bisa di berikan dengan memakai blower atau aerator. 

 Sudah tau ciri ciri morfologi ikan oscar Tips Memilih Ikan Oscar yang Bagus dan Merawatnya


Demikian inilah beberapa cara memilih ikan oscar yang bagus untuk teman semua. Semoga bisa jadi rujukan untuk menemukan hasil yang berkualitas untuk perjuangan dan bisnisnya. Selamat mencoba merawat.

Post a Comment for "Tips Menentukan Ikan Oscar Yang Anggun Dan Merawatnya"