Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menciptakan Pakan Lele Dari Dedak Padi Halus Dan Kasar

Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak ikan konsumsi dan juga sanggup dipelihara sebagai ikan hias. Namun, lebih banyak lagi dijadikan sebagai peluang usaha warungan dengan aneka olahan ikan.

Budidaya ikan lele khususnya untuk pemula menjadi moment yang menggiurkan sekali, apalagi dapat iming-iming dari pangsa pasar penjualan lele yang semakin luas. Maka tak heran kalau banyak yang penasaran cara menciptakan pakan lele alternatif dari tumbuhan. Untung rugi ternak lele dirasa dari penyedia jenis makanannya, kalau pakan alami lele sanggup diberikan akan semakin untung, begitu juga sebaliknya.

Bagi Anda yang resah dengan makanan ikan lele yang bagus, berikut ini kita akan mempelajari cara membuat pakan lele dari dedak bekatul padi halus dan garang yang tentunya dengan pemanis bahan-bahan lain.   

 Sudah tau cara menciptakan pakan lele sendiri Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak Padi Halus dan Kasar


Tips Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak Padi Halus

Makanan lele kali ini kita namakan sebagai jenis pakan alternatif yang sangat cantik buat pertumbuhan lele. Karena kita akan menyediakan banyak sekali macam kandungan vitamin dan nutrisi yang diperlukan dalam budidaya lele secara sederhana.

Beberapa materi yang harus disediakan menciptakan pakan lele antara lain:
  1. Dedak 5 kg
  2. Pelet 2,5 kg
  3. Garam 5 sdm dan ikan asin 0,25 k
  4. Air 5 liter
  5. Minyak goreng secukupnya.

Teknik Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak sebagai Jenis Pakan Alternatif

1. Sediakan kawasan atau wadah buat menaruh dedak dan materi lainnya. Baik dedak halus maupun dedak padi garang dapat disediakan dan di taruh dalam ember.

2. Sebagai materi tambahan dan adonan akan asupan nutrisinya sanggup sahabat sediakan pelet untuk melembutkan tekstur dedak halus dan kasar. Pilih jenis pelet yang sudah terkandung 20% dari protein. Untuk mempercepat proses pertumbuhan lele, protein inilah yang bekerja dalam perut lele. 

3. Selanjutnya garam sanggup dicampurkan juga ke dalam ember. Fungsi dari garam adalah untuk mengawetkan sekaligus penjaga nutrisi dari semua bahan-bahan pembuatan pakan ini selama proses pemasakan sehingga tidak rusak nutrisi tersebut. Untuk memperkuat aroma pakan ini, Anda sanggup mencampurkannya juga ikan asin bersama semua bahan.

4. Berikutnya materi berupa minyak goreng sayur sanggup kita tambahkan juga bersama materi lain ke dalam ember. Fungsi minyak ini tak lain untuk menambah aroma pakan supaya semakin menyengat dengan tujuan sanggup dilahap lele peliharaan Anda. Biasanya kalau aroma dan wangi ingin semakin kuat, tambahkan minyak secukupnya.

5. Dengan pelan-pelan aduk semua materi dalam ember ini hingga terlihat bercampur merata. Jangan lupa untuk menambahkan cairan alami berupa air secukupnya, kemudian aduk kembali secara pelan-pelan hingga terlihat dan menghasilkan sebuah adonan menjadi kental. 

6. Cara menciptakan pakan lele dari dedak halus ini Anda tinggal memindahkan adonan pada wadah panci pengukus. Selama sekitar 1 jaman masak dengan cara di kukus adonan tersebut. Jika warnanya berkembang menjadi coklat tua, itu menunjukan ciri-ciri adonan sudah matang serta sudah tercium wangi cukup harum yang sanggup kita hirup yang layaknya seperi masakan ringan manis kukus. 

Lalu angkat dan diamkan..

7. Langkah terakhir teknik cara membuat pakan lele dari dedak padi halus ini kita dinginkan di kawasan atau wadah yag bawahnya berlubang kecil-kecil dengan tujuan air yang ada di dalamnya sanggup keluar. 

Cukup biarkan masakan lele ini selama sekitar 24 jam/semalaman sebelum dipakai untuk diberikan pada lele peliharaan di kolam terpal, bak tanah, dan bak beton lainnya.

 Sudah tau cara menciptakan pakan lele sendiri Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak Padi Halus dan Kasar

 Sudah tau cara menciptakan pakan lele sendiri Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak Padi Halus dan Kasar


Demikian inilah langkah-langkah cara menciptakan pakan lele dari dedak padi halus dan garang yang sanggup Anda amati dan tiru. Semoga berhasil dan bermanfaat dan selamat mencoba menciptakan pakan alternatif ini.

Post a Comment for "Cara Menciptakan Pakan Lele Dari Dedak Padi Halus Dan Kasar"