Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit Ikan Oscar Dan Cara Mengatasinya

Penyakit Ikan Oscar jenis ikan hias gampang dipelihara. Maka dalam pemeliharaannya juga dihentikan mengabaikannya.

Menurut pengalaman beberapa petani budidaya ikan oscar di Jakarta, oscar merupakan ikan hias yang paling jarang diserang penyakit. 

Disaat ikan hias lain kelapbakan menghadapi sebuah bintik putih misalnya, oscar tenang-tenang saja berlenggang dikediamannya.

Atau selagi ikan lain pada mati kerana suhu yang naik turun tidak karuan, ikan oscar malah boleh gembira dengan ketahanan tubuhnya.

Untuk itu, berikut beberapa penyakit ikan oscar yang tidak biasanya menyerang ikan oscar selain stress dan cara mengatasinya. Yuk lanjut klarifikasi di bawah ini.

 atau penasaran cara mengobati ikan oscar yang stres Penyakit Ikan Oscar dan Cara Mengatasinya


Jenis-Jenis Penyakit Ikan Oscar dan Cara Mengatasinya

Cerita ikan oscar yang jarang terkena penyakit mungkin bisa dimengerti, katrena para petani pemelihara memberinya makan mempercepat pertumbuhan yang cukup dan lingkungan yang bersih.

Selain itu, badannya sendiri terkenal kedot dengan segala bentuk makhluk pengganggu. Namun demikian, untuk tidak hingga terlena kalau ada binatang atau penyakit ikan oscar yang secara tiba-tiba menyerang.

Kita harus senantiasa berjaga-jaga, paling tidak sanggup mengenal penyakit ikan oscar yang nekat menyerang. Atau mengenal penyakit ikan oscar yang disebabkan oleh faktor lain.

Maklumikan oscar kadang kala sakit yang penyebabnya bukan bibit penyakit.

Penyakit Ikan oscar - Kekurangan Oksigen
Oscar mulai kelihatan kekurangan oksigen ditandai dengan berenang sejajar dipermukaan air dengan frekuensipernafasan cepat.

Salah satu tanda oscar stress ialah insang dan lisan membuka dan menutup lebih cepat, gerakannya gelisah. Penurunan kadar oksigen dalam air sanggup terjadi apabila ada hal-hal sebagai berikut:

1. Kenaikan suhu: semakin tinggi suhu air, oksigen yang sanggup diikat air semakin sedikit.

2. Kepadatan oscar terlalu tinggi: denagn ruang gerak yang terbatas dan penebaran yang terbatas yang terlalu padat terang akan terjadi persaingan pakan antara mereka.

3. Kekurangan tumbuhan air dengan tidak adanya tumbuhan air yang cukup maka air akan miskin oksigen, keran lewat asimilasinya tumbuhan ini menghasilkan oksigen.

4. Pembongkaran materi oeganik di dasar bak/akuarium mengakibatkan sebagian oksigen yang seharusnya digunakan untuk ikan oscar hilang.

Penurunan kadar oksigen sementara hanya menimbulkan oscar tersenggal-senggal seolah-olah orang kena asma. Namun bila kondisi ini berlangsung usang dan terus-menerus, maka akan menimbulkan kematian.

Cara Mengatasi Penyakit Ikan Oscar Kekurangan Oksigen

- Membersihkan kawasan pemeliharaan secara rutin semoga kotoran sanggup dilenyapkan dan tidak menyita oksigen dalam air.

- Memberi peneduh pada penggalan atas, semoga sinar sinar matahari tidak terlalu berangasan masuk menusuk air.

- Mengurangi kepadatan iakn hingga batas yang tidak membahayakan dan sekaligus sanggup menambahkan pasukan udara lewat aerator/vobrator.

Perubahan Suhu
Salah satu jenis penyakit ikan oscar perubahan suhu kadang kala mencelakakan benih ikan oscar ialah yang terjadi secara mendadak dengan kisaran yang cukup tinggi.

Naiknya suhu terang menurunkan kandungan oksigen, sedang penurunannya suhu bisa menjadikan mereka stress, sebelum oscar mati.

Penurunan suhu yang drastis terutama terjdi pada siang hari yang secara tiba-tiba tiba hujan yang tiidak dibayangkan. dari semula yang suhu air tinggi, dalam waktu singkat akan menurun.

Jelas disini kehadiran peneduh akan menghalangi penyakit ikan oscar tiba serta memegang peranana penting, lantaran menghindarkan kawasan oscar dari cahaya matahari yang menyengat dan dinginnya air hujan.

Kehadiran heater atau termostat dalam budidaya oscar untuk menstabilkan suhu, rasanya belum perlu lantaran oscar masih bisa ditolong dengan cara konvensionil tersebut.

Bagaimana oscar masih tahan dengan kenaikan dan penurunan suhu ini. supaya penyakit ikan oscar ttidak gampang tiba lagi dan akan aman.

Penyakit Ikan Oscar - Sisik lepas
Penyebab yang paling umum timbulnya penyakit ikan oscar sisik ini tidak lain ialah aktifitas mekanis yang tidak pada tempatnya.

Misalnya saja pada penebaran yang terlalu tinggi. Dengan bersekan diantara sesamanya, maka ketika sirip punggung yang disusun antara lain oleh jari-jari keras mengenal kerabat di dekatnya tak ayal sanggup mengakibatkan oscar cacat.

Juga pada ketika oscar diangkut jauh dalam kantung plastik yang diisi cukup banyak, maka jangan heran setelah plastik dibuka akan kita dapati sebagian oscar sisiknya rusak.

Belum lagi kita pindahkan dari akuarium yang satu ke akuarium lainnya dengan serokan yang kasar tentu akan menambah penderitaan.

Selain tidak indah dipandang mata, yang terang dengan penyakit ikan oscar sisik mengelupas ini sanggup mengundang jamur untuk hadir menghiasi tubuh oscar.

Bila ikan oscar sudah lepas sebagian sisiknya sebaiknya cepat-cepat diberi larutan Methelene Blue untuk mencegah jamur datang.

Penyakit Ikan Oscar Oleh Jamur
Bibit penyakit yang tidak pandang bulu menyerang semua jenis ikan hias ini, akan menyempatkan diri mampir pada tubuh oscar bila terdapat luka yang membuka.

Sebagian benjol sekunder, jamur muda berkembang berkembang pada jaringan mati dan lingkungan berbahan organik tinggi.

selain pada benih maupun induk yang terluka, jamur ini juga sering mengancam telur-telur ikan oscar yang sedang ditetaskan. 

Dengan adanya telur-telur yang mati kebanyakan tidak terkena sperma ikan oscar jantan alias tidak dibuahi maka jamur ini bisa menggagalkan seluruh telur yang akan menetas.

Jamur yang sering menyerang ikan oscar pada umunya ialah jamur Achlya dan Saprolegnia. Keduanya sangat kecil dan sulit dibedakan dengan mata telanjang kecuali dengan mikroskop.

Bila ikan oscar terjangkit jamur ini, pada penggalan yang terjangkit akan terlihat nampak bulu-bulu halus seolah-olah kapas, berwarna putih terkadang agak kecoklatan.

Cara mengatasi penyakit ikan oscar berupa jamur ialah dengan melaksanakan tindakan sebagai berikut:

1. Mengobati dengan obat merah (Mercurochrome) 0,2% dioleskan pada penggalan yang terkena dengan memakai kapas halus.

2. Larutan Malachytgreen 0,2% diperoleh dengan melarutkan 1 gr MG dalam 500 ml air bersih) sebanyak 20 ml dilarutkan dalam 20 liter air bersih, digunakan untuk merendam oscar selama 1/2 hingga 1 jam.

Penyakit Ikan Oscar - Bintik Putih

Salah satu penyebab datangnya penyakit ikan oscar bintik putih ini tidak lain sebangsa protozoa (binatang bersel satu) berjulukan Ichtyyopthirus multifilis.

Oleh hasilnya tidak heran bila penyakit ini pun sering dikenal sebagai ich. Karena ikan yang terjangkit menawarkan gejala bintik berwarna putih pada tubuh oscar, maka terkenal juga dengan sebutan penyakit bintik putih atau white spot.

Protozoa ini sangat halus sekali hanya berdiameter 40 mikron, berbentuk membulat, dan tidak terlihat dengan pandangan mata kita.

Hanya keran mereka menyerang dalam jumlah banyak, maka nampak bintik-bintik putih di sekujur tubuh ikan yang diserang.

Selain bintik-bintik berwarna putih, berikut gejala ikan oscar terjangkit penyakit jamur dan penyakit lain:
  1. Lendir banyak muncul pada permukaan tubuh oscar,
  2. Frekuensi pernafasan meningkat (apabila menyerang insang(,
  3. Oscar terlihat berenang di permukaan air untuk menghirup udara langsung,
  4. Warna tubuh oscar menjadi pucat.

Bintik putih ini sulit diberantas lantaran pada badannya dilindungi oleh selaput lendir. Selain itu mereka menyerang dan berdiam di bawah selaput lendir ikan, sehingga sulit dijangkau obat tanpa merusak jaringan selaput lendir iakn sendiri.

Cara mengatsi penyakit ikan oscar ini paling sukses dilakukan pada ketika mereka berkeliaran di air mencari insang (host) sebagai penggalan dari siklus hidupnya.

Untuk mengobati ikan yang terserang, maka sanggup digunakan obat ikan oscar sebagai berikut:

1. larutan Chloramine 1% sebanyak 20 ml dalam air higienis 20 liter, atau 30 ml Chloromine dalam air 30 liter air bersih. 

Rendamlah ikan oscar yang terkena penyakit bintik putih di dalamnya selama 24 jam.

2. Pakailah mercurochrome 2% sebanyak 10 ml dan larutan dalam 22,5 liter air bersih. Oscar yang sakit dimasukkan dalam larutan ini beberapa ketika semoga lekas sembuh.

 atau penasaran cara mengobati ikan oscar yang stres Penyakit Ikan Oscar dan Cara Mengatasinya

 atau penasaran cara mengobati ikan oscar yang stres Penyakit Ikan Oscar dan Cara Mengatasinya

 atau penasaran cara mengobati ikan oscar yang stres Penyakit Ikan Oscar dan Cara Mengatasinya

 atau penasaran cara mengobati ikan oscar yang stres Penyakit Ikan Oscar dan Cara Mengatasinya

 atau penasaran cara mengobati ikan oscar yang stres Penyakit Ikan Oscar dan Cara Mengatasinya

 atau penasaran cara mengobati ikan oscar yang stres Penyakit Ikan Oscar dan Cara Mengatasinya

 atau penasaran cara mengobati ikan oscar yang stres Penyakit Ikan Oscar dan Cara Mengatasinya

 atau penasaran cara mengobati ikan oscar yang stres Penyakit Ikan Oscar dan Cara Mengatasinya


Demikian inilah beberapa macam jenis penyakit ikan oscar dan cara mengatasinya supaya cepat sembuh dan cepat besar yang sanggup Anda coba satu-satu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan lupa menyebarkan dan sharing lagi pada yang lain ya..

Post a Comment for "Penyakit Ikan Oscar Dan Cara Mengatasinya"