Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Ikan Oscar Yang Baik Dan Cepat Besar

Makanan Ikan Oscar yang Baik dan Cepat Besar jenis ikan hias yang gampang dipelihara. Jenis ikan oscar sendiri beraneka ragam begitu juga dengan cara merawatnya harus dengan teliti dan hati-hati.

Salah satu hambatan pemelihara oscar biasanya mencari penyebab ikan oscar tidak mau makan. Hal ini akan sangat besar lengan berkuasa sekali terhadap laju pertumbuhannya. Banyak yang ngasih makan oscar berupa makan pelet, kalau masih kecil akan sangat mengganggu dan mempersulit oscar ini tumbuh. Untuk itu berikut beberapa makanan ikan oscar yang baik dan cepat besar dalam melaksanakan budidaya ikan oscar.

Makanan Ikan Oscar yang Baik dan Cepat Besar  Makanan Ikan Oscar yang Baik dan Cepat Besar


Jenis Makanan Ikan Oscar yang Baik dan Cepat Besar

Kebiasaan makan setiap ikan Oscar bervariasi. Ada beberapa ikan yang hanya menyukai dan lahap menyantap kuliner hidup ibarat ikan-ikan kecil, udang kali, jentik nyamuk dan jangkrik. Yang memang makanan ikan oscar untuk warna serta sangat baik buat kesehatan.

Namun, ada diantara ikan-ikan ini yang hanya menyukai kuliner suplemen ibarat potongan hati sapi, potongan ikan yang dicacah, daging kalengan ibarat kornet dan ikan yang berukuran kecil lainnya.

Namun ada lagi ikan Oscar yang menyukai dan menyantap tanpa pandang bulu semua jenis kuliner yang disodorkan kepadanya, tanpa peduli hisup atau mati.

Yang jelas, bila semenjak awal ikan Oscar diberi kuliner banyak mengandung zat chitine, akan menjadikan warna batikan yang cemerlang di badannya.
 

Jenis kuliner ikan Oscar untuk warna antara lain ibarat kutu air, udang kali, jangkrik, kelabang, dan rayap. 

Dengan bentuk moncong yang lebar dilengkapi dengan gigi yang terlihat kokoh, menjadikan Oscar sebagai ikan yang bisa menelanbulat-bulat setiap kuliner yang disodorkan kepadanya. Ia terlihat sangat respon terhadap jenis kuliner hidup yang bergerak. Dengan gerakan yang tak terduga kuliner itu sudah dilahap habis.

Makanan Ikan Oscar yang Baik dan Cepat Besar  Makanan Ikan Oscar yang Baik dan Cepat Besar


Perkembangbiakan Ikan Oscar
Menurut penuturan petani budidaya ikan Oscar yang sudah pengalaman, ikan Oscar tidak sulit dikawinkan dan tidak membutuhkan perlakuan khusus, apalagi jampi-jampi. 


Namun, dari banyak surat (keluhan) yang tiba darberbagai penjuru, dapatlah disimpulkan bahwa untuk sukses memijahkan ikan Oscar bukan pekerjaan semudah membalikkan telapak tangan. Banyak factor yang mesti diperhatikan, meski kadang masalahnya hanya sepele.

Ikan Oscar lazim dipijahkan sehabis mencapai ukuran 15 cm panjang total badannya dan lebar 10 cm. dengan ukuran itu sudah mencapai kematangan kelamin. Tempat pemijahannya harus sukup lega, biar pasangan Oscar leluasa bercumbu dan bertelur.

Ikan Oscar tergolong ikan yang tidak gemar berganti pasangan. Ia akan setia dengan pasangan sampai maut menjemput. 

Ikan Oscar jantan dan betina yang memang bukan pasangan semenjak awal, bila dipertemukan rata-rata tidak mau bertelur. Meskipun sudah matang kelamin. Bila salah stau partnernya mati, entah lantaran penyakit atau loncat maka akan sulit menemukan pasangan induk janda/duda Oscar ini.

Ikan Oscar juga populer sebagai ikan yang tidak lekas betah di kawasan yang baru. Bila mereka kita pindahkan dari satu kawasan ke kawasan yang lainnya sering mempercepat kematian. 

Kerena dengan sikapnya yang gelisah, tidak jarang ikan ini meloncat keluar akuarium. Dan ini berkaitan pribadi dengan kebiasaan berkembangbiaknya. Bila ikan-ikan lain membutuhkan kolam peijahan khusus, Oscar justru mau memijah di kolam pemijahan khusus, dimana pasangan itu dipelihara.

Oleh alasannya itulah kawasan pemijahan Oscar dibentuk permanen dan jarang dipindahkan. Oscar akan bertelur pada permukaan watu yang licin. Bila disediakan beling atau potongan genteng yang cukup lebar, mereka pun jarang menolak menelurinya.

Jika kawasan pemijahan dilengkapi dengan kerikil-kerikil kecil, ia akan menggalinya sampai dasar beling atau bak, sebelum tetapkan untuk memijah. Seperti halnya ikan hias discus, Oscar ini bekerjsama penyayang keturunannya. 

Di kawasan pemijahan biasanya telur-telur akan dijaganya sampai menetas, dan gres dilepas kalau sudah bisa berenang bebas. Namun, pada umumnya para petani ikan lebih menyukai memindahkan dan merawat telur Oscar ini dalam akuarium lain.

Alasannya tidak lain membiarkan telur bersama induk Oscar cenderung bersikap untung-untungan, dan mereka tidak suka itu. Dengan memindahkan telurnya belum dijamin juga penetasan telur akan berhasil, namun (paling tidak) menghindarkan kecemasan keran sifat induknya yang adakala memangsa telurnya.

Makanan Ikan Oscar yang Baik dan Cepat Besar  Makanan Ikan Oscar yang Baik dan Cepat Besar


Demikian inilah beberapa jenis makanan ikan oscar yang baik dan cepat besar. Semoga sanggup membantu para pemelihara semua ikan hias khususnya oscar biar selalu sehat dan cepat tumbuh. Selamat mencoba.

Post a Comment for "Makanan Ikan Oscar Yang Baik Dan Cepat Besar"