Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan Benih Ikan Oscar Yang Baik Biar Cepat Besar

Perawatan Benih Ikan Oscar ciri ciri ikan oscar yang bagus? atau penasaran cara membedakan ikan oscar jantan dan betina? Siapa sih yang tak kenal oscar, salah satu jenis ikan hias yang gampang ditemukan.

Maka tak heran kalau kini ini sudah terbuka bagi wirausaha budidaya ikan oscar untuk memasarkan menjual aneka macam jenis ikan oscar baik dari oscar albino maupun oscar tiger yang populer kecantikannya.

Sukses memijahkan induk dan menetaskan telur Oscar hanya kan mempunyai arti bila benih selamat sampai tumbuh menjadi besar. 

Perawatan benih, yang oleh beberapa dianggap sama sulitnya dengan memijahkan, sanggup dilakukan secara santai namun serius supaya sukses.

Kunci keberhasilan perawatan benih ikan oscar ini tergantung pada banyak faktor, serta serangan penyakit. Serangan penyakit, harus dihindari jauh sebelum supaya tidak menjadi hambatan yang serius.

 atau penasaran cara membedakan ikan oscar jantan dan betina Perawatan Benih Ikan Oscar yang Baik Agar Cepat Besar


Langkah-Langkah Perawatan Benih Ikan Oscar yang Baik Agar Cepat Besar

Kualitas Air untuk Perawatan Benih Ikan Oscar
Kualitas air yang digunakan untuk merawata burayak Oscar yang telah habis kuning telurnya sama saja dengan yang digunakan untuk mengawinkan biang Oscar yaitu:

1. Suhu berkisar antara 21 – 28 derajat C, yang paling ideal antara 24 – 26 derajat C.

2. Keasaman (pH) air sekitar 7,5 (sedikit basa)

3. Kandungan oksigen minimal 3 ppm.

4. Kandungan karbondioksida kurang dari 20 ppm

5. Kandungan materi organic tidak ada

6. Air jernih

Tempat Perawatan Benih Ikan Oscar yang Baik
Tempat yang dipergunakan untuk merawat benih Oscar sanggup akuarium atau kolam semen. 


Akuarium digunakan terutama untuk merawat benih yang telah habis kuning telurnya sampai berumur sebulan, dan selepas umur itu sanggup digunakan awet semen.

Untuk merawat benih pada umur kritis ini sengaja dipilih akuarium alasannya gampang dikontrol. Selain itu, kebutuhan ruangnya memang belum terlalu luas buat mereka.

Bila benih yang masih kecil dirawat di kolam semen akan sulit dikontrolnya, alasannya kalau terjadi sesuatu akan lambat diketahui.

Untuk tahapan perawatan selanjutnya digunakan kolam semen alasannya kapasitasnya lebih besar, dan benihnya sendiri sudah tidak mengkhawatirkan alasannya relative lebih kuat.

Pada perawatan benih Oscar ini, yang akan banyak disinggung yaitu cara merawat bnih Oscar yang telah berumur sebulan, alasannya untuk merawat benih pada masa kritis sudah disinggung dalam kepingan pemijahan.

Pada dasarnya untuk merawat benih Oscar yang telah berumur sebulan tidak jauh beda dengan merawat benih pada masa kritis.
Yang menjadi pokok perbedaan barangkali hanya pada penebaran dan pinjaman masakan yang cocok.

Persiapan Akuarium untuk Perawatan Benih Ikan Oscar

Akuarium disikat dengan sikat ijuk selanjutnya akuarium dibersihkan dengan air bersih. Jika ada lumut harap untuk dibuang. Harap dimengerti untuk akuarium yang gres dibeli, usahakan untuk direndam dulu minimal selama 1 minggu.

Kemudian kolam diisi dengan air higienis setinggi 20 – 30 cm. air yang digunakan harus memenuhi standar kualitas yaitu minimal sudah diendapkan 1 hari semalam.

Beberapa tumbuhan enceng gondok yang berakar lebat boleh dimasukkan dalam akuarium untuk merawat Oscar ini. Tapi, sebelumnya enceng gondok harus dibersihkan dulu.

Perawatan Benih Ikan Oscar Pada Tahap Penebaran Benih
Jangan terlalu padat dalam menebarkan benih atau anakan Oscar di akuarium. Sedang-sedang saja sesuai kebutuhan.

Tebar pada waktu pagi hari atau sore hari yang mempunyai suhu rendah. Penebaran benih ini harus dengan hati-hati dan dihentikan ceroboh. 

Kebiasaan amatir yaitu mengocorkan air baskom (bersama benih) ke dalam bak. Cara yang seperi ini sanggup dianggap fatal bagi benih Oscar.

Cara yang benar yaitu dengan memasukkan embernya ke dalam akuarium atau kolam dengan hati-hati dan kasih saying. Biarkan benih keluar dari dalam baskom dengan sendirinya.

Bila perlu baskom sanggup ditarik mundur , supaya benih cepat tanggap bahwa ia sudah berada di lingkungan lain. 

Suatu hal yang dihentikan dilakukan yaitu membiarkan benih terjun bebas dari dalam baskom yang dituangkan ke dalam akuarium maupun kolam pemeliharaan.

Makanan untuk Anakan Ikan Oscar yang Baik dan Cepat Besar
Untuk mendapat pertumbuhan yang cepat dan pesat, maka benih harus diberi masakan yang baik. 


Makanan yang baik berarti cukup jumlahnya, kualitasnya terjamin, dan frekuensi pemberiannya kontinu. 

Makanan yang cukup saja belum tentu sanggup menjamin pertumbuhan Oscar bila tidak memadai, apalagi pemberiannya hanya kadang kala atau tidak rutin.

Demikian pula dengan pinjaman masakan yang baik mutunya tetapi jumlah yang diberikan tidak cukup banyak, kesudahannya akan sama saja.

Makanan yang Baik untuk Anakan Oscar
Makanan yang cocok untuk benih yang gres berumur sebulan yaitu kutu air (moina, daphnia), dan cacing sutera. Artemia salina bagus juga untuk benih pada stadia ini.


Namun, untuk memperolehnya tergolong sulit, alasannya mesti menetaskan telur-telurnya yang berharga selangit. 

Tak syak lagi bahwa hanya kutu air dan cacing sutera lah yang cukup irit untuk diberikan pada benih-benih ikan Oscar ini.

Setelah beberapa ahad diberi kutu air dan cacing sutera, dan benih-benih ini cepat tumbuh bongor, maka masakan benih diganti dengan jentik-jentik nyamuk sebelum diberikan udang kali.

Cara Pemberian Pakan pada Benih Ikan Oscar yang Baik
Perawatan benih ikan oscar terutama masakan diberikan sebanyak 2 – 3 kali setiap pagi, siang, dan sore hari. Jumlah masakan yang diberikan harus cukup. 


Kerana sulitnya menghitung kebutuhan masakan benih Oscar ini, maka biasanya digunakan metode sederhana untuk mengetahui cukup tidaknya masakan yang diberikan.

Bila masakan yang diberikan masih tersisa sedikit, itu berarti masakan yang diberikan sudah mencukupi kebutuhan. 

Dan bila masakan yang diberikan tandas, tidak ada sisa, maka ada 2 kemungkinan yang akan terjadi.

Kemungkinan pertama, benih mendapat masakan yang cukup sehingga seluruhnya disikat habis. Kemungkinan kedua yang diberikan masih belum mencukupi.

Jika masakan yang diberikan tersisa banyak, sudah tentu jumlah masakan yang diberikan ini lebih besar dari porsi yang dibutuhkan. 

Makanan yang tersisa, kalau masih tetap hidup tidak menjadi problem alasannya setiap ketika sanggup dsantap. Namun sanggup sisanya mati menjadi bangkai, sebaiknya dikeluarkan supaya kualitas air terjaga bersih.

Perawatan Benih Ikan Oscar - Penggantian Air Akuarium

Untuk mengganti air dalam tahap perawatan benih atau anakan ikan oecar sebaiknya dilakukan setiap seminggu sekali. 

Pergantian air bermaksud untuk tetapkan siklus hidup bibit penyakit yang mungkin akan berkembang dalam kolam dan juga merangsang pertumbuhan benis Oscar.

 atau penasaran cara membedakan ikan oscar jantan dan betina Perawatan Benih Ikan Oscar yang Baik Agar Cepat Besar

 atau penasaran cara membedakan ikan oscar jantan dan betina Perawatan Benih Ikan Oscar yang Baik Agar Cepat Besar

 atau penasaran cara membedakan ikan oscar jantan dan betina Perawatan Benih Ikan Oscar yang Baik Agar Cepat Besar




 atau penasaran cara membedakan ikan oscar jantan dan betina Perawatan Benih Ikan Oscar yang Baik Agar Cepat Besar

 atau penasaran cara membedakan ikan oscar jantan dan betina Perawatan Benih Ikan Oscar yang Baik Agar Cepat Besar

 atau penasaran cara membedakan ikan oscar jantan dan betina Perawatan Benih Ikan Oscar yang Baik Agar Cepat Besar



Demikian inilah beberapa langkah perawatan benih ikan oscar yang gampang dilakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba memelihara.

Post a Comment for "Perawatan Benih Ikan Oscar Yang Baik Biar Cepat Besar"