Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Hias Etropes Kuning (Orange Chromide) Dan Budidayanya

Budidaya Ikan Ikan Etropes Kuning (Orange Chromide) Infoikan.com Ikan etropes kuning merupakan ikan langka, dan keberadaannya mewakili nama-nama ikan hias air tawar khususnya di Indonesia ini. Ikan ini berbagai diketemukan di Negara India, berikut beberapa klarifikasi dan cara budidaya ikan etropes kuning yang bisa sahabat pelajari:

 Ikan etropes kuning merupakan ikan langka Ikan Hias Etropes Kuning (Orange Chromide) dan Budidayanya
www.aquariumlife.com.au


Budidaya Ikan Etropes Kuning (Orange Chromide) 

Klasifikasi dan Sistematika Ikan Etropes Kuning (Orange Chromide) 
Ordo             : Percomorphoidei
Sub-ordo       : Percoidea
Famili            : Cichlidae
Gebus            : Etropus
Spesies          : Etropus Suratensi (Bloch) Chaetodon Suratensi (Bloch)
Asal                 : Malabar, Madras, Ceylon, India.
Nama Inggris  : Banded Chromide, Green Chromide


 Ikan etropes kuning merupakan ikan langka Ikan Hias Etropes Kuning (Orange Chromide) dan Budidayanya
Flickr


Ciri-Ciri Ikan Etropes Kuning (Orange Chromide) 
Ikan cukup umur memiliki bentuk tubuh yang agak oval dan sangat tipis atau pipih kompressed. Warna dasarnya abu-abu, sebelah punggung merah muda. demikian juga perutnya, serupa. Pada sisi badannya juga terlihat bintik-bintik 3 buah berbentuk (hampir) lingkaran yang terletak pada agak sebelah atas badannya. 

sirip punggung berwarna merah muda dengan corak kecoklatan dan pinggiran berwarna merah. Sirip anak berwarna kuning dengan batas berwarna hitam pada sebelah depan; sirip ekor berwarna kuning memiliki garis berwarna merah pada dasarnya.

 Ikan etropes kuning merupakan ikan langka Ikan Hias Etropes Kuning (Orange Chromide) dan Budidayanya
www.thinkfish.co.uk


Sifat-Sifat Ikan Etropes Kuning (Orange Chromide) 

 Ikan etropes kuning merupakan ikan langka Ikan Hias Etropes Kuning (Orange Chromide) dan Budidayanya

Dalam melaksanakan budidaya ikan etropes kuning (orange chromide) harus mengetahui dulu sifat-sifatnya, semoga kelak tidak ada yang janggal dan keliru dalam merawatnya. Berikut beberapa sifat ikan hias etropes kuning:
  1. Ikan ini sanggup bersahabat bergaul dengan ikan-ikan yang sama besarnya. Namun bisa juga dicamour dengan jenis ikan yang berukuran kecil lainnya.
  2. Berbeda dengan etropis hijau, etropis yang satu ini memang hanya sanggup tumbuh maksimal 8 cm. Di daerah aslinya ikan ini bertempat pada perairan air tawar maupun air payau. 
  3. Oleh lantaran itu, tidak ada salahnya kalau dalam perawatan keadaan air ditambah sedikit garam dan dihentikan berlebihan.
  4. etropes kuning tergolong jenis ikan hias yang memijah dengan menggali sarang sendiri. sanggup dengan gampang dikawinkan hasil benih yang cukup banyak dan menguntungkan.
  5. Etropes kuning ini sudah sanggup dibudidayakan dalam kolam kolam semen, maupun akuarium kaca, asal persyaratan dipenuhi.
Syarat Budidaya Ikan Etropes Kuning (Orange Chromide) 

 Ikan etropes kuning merupakan ikan langka Ikan Hias Etropes Kuning (Orange Chromide) dan Budidayanya

Kualitas air yang dikehendaki untuk hidup dan berkembangbiaknya berkisar antara 22 - 29 derajat C. Sedangkan suhu optimal untuk berkembang biak alias kawin, sebaiknya antara 25 - 26 derajat C. selain suhunya harus cocok, air juga harus jernih dan segar. 

Jenis air yang keruh tidak baik untuk pemijahan, alasannya yaitu selain sanggup merusak telur, juga menciptakan nafsu makan sang ikan hilang.

 Ikan etropes kuning merupakan ikan langka Ikan Hias Etropes Kuning (Orange Chromide) dan Budidayanya


Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Etropes Kuning (Orange Chromide) 
Karena ikan etropes kuning ini bisa dikawinkan secara pasangan, maka daerah pemijahannya tidak membutuhkan terlalu besar. Ikan ini akan bisa berpijah pada akuarium yang berukuran relatif kecil kisaran 40 x 20 x 20 cm. 

Bak semen sebenarnya sanggup di pakai, hanya saja kurang sempurna guna dan kurang efektif. Maklum saja lantaran daerah yang diperlukan relatif sempit. sedangakn kolam semen paling tidak berukuran 1 m persegi.

sebagai ikan keluarga Cichlidae, etropis kuning merupakan ikan yang memiliki kebiasaan bertelur di dasar akuarium. Oleh kesudahannya sumbangan eceng gondok merupakan sebuah keharusan sepertik budidaya ikan cupang semata-mata membrikan proteksi dari terik matahari dan daerah bermain.

Air yang digunakan bisa berasal dari sumur atau ledeng dengan suhu air berkisar 25 - 26 derajat C, jernih dan segar.

Memilih Induk Budidaya Ikan Etropes Kuning (Orange Chromide) 
Dalam melaksanakan budidaya ikan etropis kuning orange chromide tidaklah sembarangan, alasannya yaitu apabila salah akan mengakibatkan kegagalan yang fatal. 

Pertama-tama harus benar dulu alat kelaminnya, jangan hingga keduanya jantan atau betina. Untuk itu sanggup dilihat dari perbedaan mata, besar tubuh dan kegemukannya. 

Ikan jantan memiliki tubuh yang ebih panjang dan langsing, sedangkan indukan betina memiliki potongan bundar pendek dengan sisi tubuh tampak menggelembung. Dilihat dari matanya akan terlihat induk jantan memiliki pupil yang berwarna merah yang tentunya tidak terlihat pada induk betina.

betina matang kelamin dengan perut yang menggelembung dan umur yang sudah 6 bulan dan ukuran tubuhnya 7,5 cm. Sedangkan jantan harus terlihat gesit dan sehat jasmani. 

 Ikan etropes kuning merupakan ikan langka Ikan Hias Etropes Kuning (Orange Chromide) dan Budidayanya
YouTube


Pemijahan Budidaya Ikan Etropes Kuning (Orange Chromide) 

Memijah budidaya ikan etropes kuning ini dibilng agak sulit, oleh kesudahannya persiapan harus dilakukan semaksimal mungkin. berikut langkah-langkah pemijahan budidaya ikan hias etripes kuning:
  1. Bersihkan akuarium, menggosok akuarium mulai dari dalam dan luar.
  2. Persiapkan jenis tumbuhan air yang bersih.
  3. Sediakan air higienis yang sudah diendapkan selama 24 jam.
  4. Atur suhu antara 25 - 26 derajat C.
  5. Masukkan indukan jantan dan betina masing-masing satu pasang
Pembesaran Budidaya Ikan Etropes Kuning (Orange Chromide)   

 Ikan etropes kuning merupakan ikan langka Ikan Hias Etropes Kuning (Orange Chromide) dan Budidayanya
 
Sambil menunggu indukan memijah, ke dalam akurium pemijah boleh diberikan jentik nyamuk untuk menjaga kondisi badannya semoga tetap fit dan sehat. 

Induk yang telah siap akan segera bertelur beberapa hari di dalam akuarium. Telur tersebut akan berkumpul pada satu daerah dan akan dijaga oleh kedua indukan etropes. 

Beberapa hari kemudian akan terlihat benih-benih yang berkantung kuning di dasar akuarium. Untuk sementara belum perlu diberi makan hingga kuning telurnya habis. Makanan yang diberikan pertama kali berupa infusoria yaitu jasad renik golongan protozoa yang di sanggup dari kolam yang dipupuk.

Sepasang indukan yang baik akan menghasilkan anak 400 - 800 ekor. Dan ikan ini sanggup dikawinkan sepanjang tahun tanpa animo tertentu setiap sebulan sekali.

Pembesaran budidaya ikan etropes kuning sanggup dilakukan dalam kolam semen berukuran 2 x 1 m dengan ketinggian 40 cm. Kepadatan kolam pemeliharaan sebanyak 1000 ekor etropes kuning kecil, umur 10 hari. Di atasnya diberi tumbuhan air, sedangkan ketinggian air cukup 20 - 25 cm.

Benih-benih budidaya ikan etropes sebaiknya dipindahkan pada pagi haridengan serokan halusdan mengikutkan sebagian airnya. 

 Ikan etropes kuning merupakan ikan langka Ikan Hias Etropes Kuning (Orange Chromide) dan Budidayanya


Cara Merawat Budidaya Ikan Etropes Kuning (Orange Chromide)  
Pembesaran sanggup dilakukan dalam akuarium, hanya saja ukurannya harus cukup luas, contohnya saja 100 x 50 x 45 cm atau 90 x 45 x 40cm. 

Pemberian pakan diberikan sebanyak 3 kali setiap hari dengan ritifera kemudian disusul dengan kutu air, dan cacing . cacing diberikan di atas piring kecil untuk memudahkan pengambilan sisanya nanti. Juga untuk pengecekan apakah pakan yang diberikan sudah habis atau masih.

Penggantian air sanggup diakukan setiap 5 hari sekali dengan membuang setengahnya saja atau 2/3 mengganti dengan air yang lebih higienis dan segar. penjarangan dilakukan sehabis sebulan kemudian sekaligus untuk menyeleksi atau sortir dan memisahkan ikan-ikan yang pertumbuhannya ketinggian.

Demikian sahabat sedikit menyebarkan ihwal budidaya ikan etropes kuning (Orange Chromide) ini, semoga bermanfaat dan sanggup memperlihatkan embel-embel wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan hias berikutnya.

Baca juga:
-Manfaat Ikan Konsumsi untuk Kesehatan Tubuh Kita
-Langkah-Langkah Budidaya Ikan Discus untuk Usaha dan Binis Ikan Hias
-Ikan Etropes Hijau (Banded Chromide, Green Chromide) 

Post a Comment for "Ikan Hias Etropes Kuning (Orange Chromide) Dan Budidayanya"