Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budidaya Ikan Hias Arulius (Puntius Arulius/Barbus Arulius)

Budidaya Ikan Hias Arulius (Puntius Arulius/Barbus Arulius) Infoikan.com Harga ikan denisoni yang ketika ini tak jauh beda dengan jenis ikan hias lainnya, menimbulkan sulitnya untuk dicari. Ikan puntius ini berasal dari India, disanalah kawasan ia berasa dan terkenal dipelihara.

Bagi pemula yang ingin mencari ikan hias terindah ini, bisa bertanya pada penjual ikan hias di toko terdekat sobat. Untuk cara budidaya ikan hias arulius atau puntius, berikut beberapa cara yang harus disiapkan:

ga ikan denisoni yang ketika ini tak jauh beda dengan jenis ikan hias lainnya Budidaya Ikan Hias Arulius (Puntius Arulius/Barbus Arulius)
indianaquariumhobbyist.com
 

Klasifikasi Ikan Hias Arulius (Puntius Arulius/Barbus Arulius)
Ordo             : Ostariophisi/Ostariophysoidei
Sub-ordo        : Cyprinoidei
Famili            : Cyprinidae
Gebus            : Puntius
Spesies          : Puntius Arulius/Barbus arulius
Asal               : India
Nama Asing    : Arulis


ga ikan denisoni yang ketika ini tak jauh beda dengan jenis ikan hias lainnya Budidaya Ikan Hias Arulius (Puntius Arulius/Barbus Arulius)
aquaticcommunity.com
 

Cara Budidaya Ikan Hias Arulius(Puntius Arulius/Barbus Arulius)

Ciri-Ciri Ikan Arulius (Puntius Arulius/Barbus Arulius)
Arulis sudah dikenal usang para pembudidaya ikan hias dalam negeri. Karena selain praktis dibiakkan , ikan ini bisa menunjukkan keturunan yang tidak mengecewakan banyak setiap kali memijah. Lain dari pada itu, arulius juga mempunyai daya tarik ditubuhnya yang menyerupai ikan bandeng. 

Warna dasar sulit diuraikan secara tepat. Pada bab punggung berwarna keperakan, perut kekuningan, sedangkan tutup insangnya dilekati warna-warni kehijauan.

Pada sirip ekor dan anus mempunyai warna antara hijau dan merah diminan. Sirip punggung mempunyai tulang sirip yang mencuat keluar menyerupai duri, sedangkan sirip perut dan dada transparan hijau gelap. Warna-warni tubuh arulius ini tidak selalu permanen. Tetapi yang niscaya semua warna ditubuhnya mengundang banyak perhatian.

ga ikan denisoni yang ketika ini tak jauh beda dengan jenis ikan hias lainnya Budidaya Ikan Hias Arulius (Puntius Arulius/Barbus Arulius)
kolkata-aquarium.com

  Sifat Ikan Hias Arulius (Puntius Arulius/Barbus Arulius)
Longfin barb ini dikenal juga ikan yang suka damai. Bila ingin dipelihara dalam akuarium panjang, ia kondusif dicampur dengan jenis ikan lain meski ukurannya lebih kecil. Kelebihan, jikalau ikan ini dicampur beberapa ekor lain sekaligus, mereka sering bertingkah aneh-aneh, contohnya membentuk barisan dan berjalan beriringan.

Di alamnya sana, ikan hias arulius ditemukan pada jenis air yang mengalir deras. Gerakannya lincah dan berangasan tetapi tidak membahayakan keselamatan ikan lain. Hanya saja semasa mudanya ikan ini kurang menawan, akan menawan sehabis remaja terlebih lebih si jantan.

Ia membutuhkan akuarium yang berukuran besar dan luas  alasannya si jantan ini sering bertindak aneh-aneh contohnya mengotori air akuarium.akuarium itu sendiri hendaknya diisi watu batuan yang agak kehitaman serta di beri ornamen lain,ornamen ini bisa berupa kayu dan tumbuhan air yang di tanam didlam akuarium. 

Ikan ini membutuhkan ruang luas untuk berenang. Selain itu juga menuntut air segar,maka usahakanlah pergantian air di dalam akuarium. Ketentuannya air gres itu harus sama temperaturnya dengan yang ada di dalam akuarium. Jika tidak,bisa membawa malapetaka baginya.

ga ikan denisoni yang ketika ini tak jauh beda dengan jenis ikan hias lainnya Budidaya Ikan Hias Arulius (Puntius Arulius/Barbus Arulius)
kolkata-aquarium.com


Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Hias Arulis (Puntius Arulius/Barbus Arulius)
Memijahkan arulius terhitung pekerjaan gampang. Tempat memijah yang disediakan buat ikan ini ialah;
  1. - kolam atau kolam dari semen 2 x 3 m sedalam 50 cm.
  2. - akuarium panjang 1 m, lebar 0,5 m, sedalam 50 cm.
  3. air yang dikehendaki arulis tidak ada kekecualian dengan ikan jenis lain, yaitu bisa dari sumur atau ledeng dengan kesadahan normal, keasaman pH 7 dengan suhu antara 23 - 25 derajat C.

Untuk melengkapi kawasan pemijahan ini maka bisa diisi air setinggi 40 cm. Karena ikan hias arulius bersifat suka memberontak terutama pada telurnya, dan sediakan juga jenis tumbuhan air pada dasar kolam, hal ini untuk melindungi keselamatan telur.

Tempat pemijahan ini usahakan mendapat sorotan cahay matahari pagi hari. Berupa pelengkap eceng gondok untuk mengurangi terik matahari dan memberi kesan alami bagi induk.

ga ikan denisoni yang ketika ini tak jauh beda dengan jenis ikan hias lainnya Budidaya Ikan Hias Arulius (Puntius Arulius/Barbus Arulius)
GoliadFarms.com


Memilih Indukan Budidaya Ikan Hias Arulius (Puntius Arulius/Barbus Arulius)

ga ikan denisoni yang ketika ini tak jauh beda dengan jenis ikan hias lainnya Budidaya Ikan Hias Arulius (Puntius Arulius/Barbus Arulius)

www.predatoryfishkeepers.com

Syarat menentukan indukan budidaya ikan hias arulius:
  1. Keadaan sehat
  2. Bentuk tubuh normal
  3. dan Lincah
Usia indukan siap kawin setidaknya 9 - 12 bulan dan panjang tubuh antara 8 - 10 cm. Untuk membedakan jenis kelamin bisa dilihat dari bentuk tubuh dan sirip punggungnya. Berikut cara membedakan indukan jantan dan betina ikan hias arulius:
  1. Bentuk tubuh sijantan biasanya lebih panjang dan langsing, 
  2. Sementara sibetina lebih montok,
  3. Buntek dengan penampilan tubuh lebih besar.
  4. Jantan mempunyai sirip punggung yang cantiknya luar biasa, yaitu memanjang dengan warna gelap atau kemerahan. 
  5. Sedangkan sibetina mempunyai sirip punggung yang lebih pendek.
Pemijahan Budidaya Ikan Hias Arulius (Puntius Arulius/Barbus Arulius)
Induk yang telah dipilih ditaruh ke dalam kawasan pemijahan yang sudah disulap sedemikian rupa sebelumnya, dengan perbandingan jantan dan betina 4 : 10. Induk jantan 4 dan induk betina ikan hias arulius 10. Dengan perbandingan ini diperlukan si jantan sanggup membuahi telur-telur betina secara merata.

Pada umunya pemijahan akan dilakukan pada malam hari, kemudian akan awut-awutan telur di dasar kolam/akuarium pemijahan, serta diantara tumbuhan air. Kaprikornus tidak melekat pada tanaman. Biasanya telur tersebut akan menetas sehabis 24 - 36 jam.

Untuk menunjukkan jaminan lebih pada telur dan benih, begitu simpulan memijah, sebaiknya induk di angkat dan di taruh ada pemeliharaan induk. Jangan lupa dalaman akuarium diberi aerator sebagai suplayer oksigen. Sedangkan untuk kolam dan kolam tidak perlu aerator.

Telur dan benih tetap dibiarkan dalam akuarium pemijahan, tanpa perlu diganggu. Setelah menetas, tumbuhan air dasar boleh dipindahkan. untuk menjaga semoga benih tidak terikut, sebaiknya wadah tanamn digoyang-goyangkan dulu.

GoliadFarms.com



Pembesaran Budidaya Ikan Hias Arulius (Puntius Arulius/Barbus Arulius)

Pada umumnya budidaya ikan hias arulius (Puntius Arulius/Barbus Arulius) untuk burayak memakan 24 - 36 jam telur telah menetas. Tetapi ada juga burayak yang gres menetas setalah 3 hari. Kalau sudah menetas, hingga 3 hari jangan beri makan dulu. Baru sehabis itu diberi masakan infusoria. Seminggu kemudian, kasih pakan berupa kutu air. Lalu berlanjut dengan masakan lain menyerupai cacing sutera yang diberikan pagi hari dan sore semoga pertumbuhannya lebih pesat.

Untuk indukan pelihara ditempat yang berbeda untuk memulihakan kondisi menyerupai semula dan sanggup dikawinkan kembali. Sobat haru tetap memperhatikan kondisi burayak anakan ikan hias arulius ini terutama problem kebersihan airnya. 

Jika ingin mengganti air, ganti dengan air yang higienis dan lebih segar. Lakukan dengan hati-hati, terutama dengan suhu air usang dan gres harus diadaptasi secara sama. Jika kawasan terlalu padat, boleh di deder ke kawasan lain semoga pertumbuhan dan perkembangannya cepat.

Demikan sahabat sidikit membuatkan wacana budidaya ikan hias arulius (Puntius Arulius/Barbus Arulius) yang praktis ini, semoga bermanfaat dan sanggup menambahkan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang pemeliharaan semua jenis ikan hias berikutnya.

Baca juga:
-Budidaya Ikan Hias Badis-Badis (Burmase Badis atau Red Badis)
-Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal
-Jensi Ikan Predator Air Tawar Yang Unik Dan Populer Dipelihara Di Aquarium 

Post a Comment for "Budidaya Ikan Hias Arulius (Puntius Arulius/Barbus Arulius)"