Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Budidaya Ikan Gabus Biar Cepat Besar Hasil Melimpah

Cara Budidaya Ikan Gabus Infoikan.com Ingin beternak ikan gabus namun kurang tahu caranya? atau budidaya ikan gabus sebagai ajang bisnis ikan? Siapa sih yang tidak kenal dengan gabus, salah satu jenis ikan air tawar yang bermanfaat sebagai penyenmuh luka oleh ibu hamil. 

Tak hanya itu, para penmancing mania suka memanfaat dan berlomba-lomba menciptakan umpan mancing untuk ikan gabus ini, disamping mudahnya didapat, ternyata mempunyai harga jual yang tidak mengecewakan tinggi, serta banyak yang membutuhkan lagi.

Bagi teman pemula yang ingin mencari cara budidaya ikan gabus ini, sangat tepat, sebab artikel atau makalah kali ini akan mengulas secara tuntas cara ternak ikan gabus dan kuliner yang baik untuk pertumbuhannya biar cepat besar. Berikut beberapa cara budidaya ikan gabus biar cepat besar hasil melimpah:

 Ingin beternak ikan gabus namun kurang tahu caranya Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Besar Hasil Melimpah
ahliperawatan.blogspot.com


Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Besar

Sekarang ini sistem budidaya sangat mudah, teman tinggal pesan bibit ikan, selanjutnya tinggal melaksanakan pemijahan ikan gabus saja. Karena gabus merupakan orisinil ikan Indonesia yang banyak banyak ditemukan di sungai, sawah, waduk, dan rawa-rawa, sehingga produksi gabus sudah tersedia.

Pemijahan ikan gabus pada umumnya dilakukan pada bulan Oktober - Vovember, yakni tempat Kalimantan dan Jawa Timur. Hal ini sebab suka menggali manfaat ikan gabus yakni berupa asam amino yang lengkap, yang terdiri dari esensial maupun non-esensial.

 Ingin beternak ikan gabus namun kurang tahu caranya Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Besar Hasil Melimpah
bibit.net


Memilih Indukan Jantan dan Betina Budidaya Ikan Gabus
Usahakan untuk menentukan ikan gabus yang mempunyai berat kurang lebih 1 kg untuk di budidayakan.
 

Ciri-ciri indukan jantan: Bentuk kepala oval, warna badan gelap, lubang genital merah, dan jikalau diurut perutnya akan mengeluarkan warna putih.

Ciri-ciri induk betina ikan gabus: Bentuk kepala membulat, warna badan terang, bentuk perut lebih besar dan lembek, jikalau di urut perutnya akan mengeluarkan telur. 

 Ingin beternak ikan gabus namun kurang tahu caranya Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Besar Hasil Melimpah
leeseonyeon.blogspot.com


Cara Pemijahan Ikan Gabus
Wadah pemijahan sanggup berupa bak tembok, bak terpal, bak tanah, dan sejenis wadah besar lainnya. Untuk ukuran bak tembok atau beton, pada umumnya 7 x 4 x 2 m P x L x T, kemudian keringkan selama 2 - 4 hari, lebih idealnya 3 hari. 

Lalu isi bak dengan ketinggian 50 cm dulu dan biarkan selama 3 hari biar tumbuh lumut untuk materi kuliner alternatif yang baik budidaya ikan gabus. Pada ketika pemijahan, tambahkan jenis tumbuhan air berupa eceng gondok sebagai eksitasi pemijahan dan pakannya.

Kemudian masukkan indukan jantan sesuai jumlah yang teman sediakan, kalau disini 30 dan indukan betina juga 30 ke dalam bak budidaya, kemudian biarkan pemijahan berlangsung. Ketika kelihatan telur muncul, segera ambil dengan alat yang lembut (sekupnet halus). Telur siap untuk menetas. jangan lupa untuk selalu mengontrol bak budidaya setiap hari, sebab induk betina sanggup menghasilkan telur 10.000 - 11.000 butir.

 Ingin beternak ikan gabus namun kurang tahu caranya Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Besar Hasil Melimpah
satujam.com


Proses Penetasan Telur Ikan Gabus
Pada umumnya cara budidaya ikan gabus untuk penetasan telur di taruh pada akuarium, hal memudahkan dalam pengontrolan. Biarkan telur tersebut menetas sendiri, biasanya memakan waktu hanya 24 jam saja. Jangan dulu memperlihatkan makan pada larva ini, sebab masih menyimpan cadangan kuliner berupa sisa kuning telurnya.

Cara Merawat Larva Budidaya Ikan Gabus
Dari usia 2 hari hingga 15 hari, Anda sanggup memperlihatkan pakan berupa artemia 1 hari 3 kali sesuai kebutuhan. Gantilah air akuarium 50% saja dari isi, biar kotoran sisa kuliner sanggup hilang sekaligus menjaga kualitas air biar selalu higienis dan terhindar dari penyakit. 

Ukuran air yang pas untuk merawat budidaya ikan gabus biasanya 1 liter air diisi dengan 5 larva. Jangan terlalu banyak biar ikan lele cepat besar dan sehat segara.

 Ingin beternak ikan gabus namun kurang tahu caranya Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Besar Hasil Melimpah
kebunsatwapiak.blogspot.com
 
Cara Merawat Ikan Gabus Agar Cepat Besar
Persiapan Kolam dan Air 
Dalam cara budidaya ikan gabus jikalau teman memakai wadah bak terpal atau bak tanah, tinggal menyesuaikan saja. Karena disini memakai bak tembok atau beton dengan ukuran 2 m - 5 m. Berikut tahapan pembuatan kolam:
  1. Gali tanah kemudian biarkan selama 3 - 7 hari.
  2. Taburkan pupuk sangkar berupa kotoran binatang dengan ketebalan 25 - 30 cm.
  3. Tambahkan zat kapur dolomid di atas pupuk sangkar tadi.
  4. Lalu biarkan lagi selama 2 - 3 hari biar semuanya larut ke tanah.
  5. Manfaat ini untuk menciptakan plankton untuk pakan terbaik biar cepat besar dan sehat, biasanya berupa lumut, kutu air, plankton. 
  6. Isi air dengan ketinggian 50 - 80 cm dan biarkan selama 5 - 7 hari.
Tebar Benih Bibit Ikan Gabus
Dalam budidaya ikan gabus, sistem penebaran benih atau bibit ikan gabus sanggup dilakukan sehabis umur ikan mencapai 2 minggu. Masukkan bibit gabus secara pelan-pelan, ketika inilah ikan akan makan plankton dan kutu air yang baik untuk pertumbuhannya. setela 2 hari gres tambahkan pakan pelet.

Makanan yang Baik untuk Budidaya Ikan Gabus
Usahakan untuk menyediakan pakan pelet yang mempunyai banyak kandungan protein, lemak, dan karbohidrat. Yaitu kisaran 15% protein, 15% lemak, dan 10% karbohidrat. Pakan komplemen sanggup berupa udang kecil dan ikan teri, serta anakan rayap, daging ampas dapur. 

Cara menciptakan pakan untuk budidaya ikan gabus biar cepat besar dan baik untuk pertumbuhannya yakni campurkan antara ikan teri 20%, ampas tahu20%, dedak 20%, dan jagung 10%. Setelah semua materi direbus, kemudian giling aduk menjadi satu hingga rata, kemudian jemur hingga kering dan pakan siap buat ikan gabus.

Budidaya Ikan Gabus - Masa Panen

Inilah yang ditunggu-tunggu oleh semua pembudidaya semua jenis ikan. Sobat sanggup memulai memanen satu bak dulu secara sedikit demi sedikit sesuai kadar kebutuhan pasar. berbeda dengan ikan lele yang sanggup dipanen dengan berseragam. Mengapa demikian, sebab ikan gabus mempunyai daya tahan badan yang tinggi.Umur ikan gabus siap panen biasanya tidak kurang dari 2 - 3 bulan, bahkan sanggup kurang tergantung santunan makanannya.

Proses Seleksi dan Pemberian Pakan yang Baik untuk Ikan Gabus
Ikan gabus merupakan jenis ikan air tawar yang agak rakus, jadi jangan hingga telat dalam memperlihatkan makanannya, sanggup jadi jikalau terlalu lapar akan memangsa jenis gabus yang lain. 

Penyortiran atau seleksi ikan gabus sanggup dilakukan setiap bulan sekali, hal ini untuk menciptakan dan mendapat kualitas ikan serta biar cepat besar. 

Demikian teman sedikit ulasan perihal cara budidaya ikan gabus biar cepat besar hasil melimpah ini, semoga bermanfaat dan sanggup memperlihatkan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan ikan gabus sebagai ajang bisnis ikan selanjutnya.

Baca juga: 
-Manfaat Ikan Gabus (Kutuk) Untuk Pasca Operasi dan Kesehatan Lain
-Cara Membuat Obat dari Ikan Gabus, Diabetes, Obat Kanker, Stroke, Ginjal, & Tuberkolusis
-Umpan Mancing Ikan Gabus Jitu Terbaru dan Paling Ampuh
-Manfaat Ikan Gabus (Kutuk) Untuk Pasca Operasi dan Kesehatan Lain

Post a Comment for "Cara Budidaya Ikan Gabus Biar Cepat Besar Hasil Melimpah"