Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budidaya Ikan Grim Tetra (Griem's Tetra) Ikan Kecil Tahan Lama

Budidaya Ikan Grim Tetra (Griem's Tetra) Infoikan.com Ikan griem's tetra termasuk jenis tetra yang gampang dipelihara, alasannya merawat ikan tetra ini tidak membutuhkan tempat Istimewa sekaligus harganya yang sangat terjangkau. Tak lain dengan ikan neon tetra yang sama cara budidayanya. Berikut langkah budidaya ikan Grim tetra:

s tetra termasuk jenis tetra yang gampang dipelihara Budidaya Ikan Grim Tetra (Griem's Tetra) Ikan Kecil Tahan Lama
en.aqua-fish.net


Klasifikasi dan Sistematika Ikan Grim Tetra (Griem's Tetra)
Ordo            : Ostariopysoidei
Sub-Ordo      : Characiodea
Famili           : Characidae
Sub-Famili     : Cheirodontinae
Genus           : Hyphessobrycon
Spesies         : Hyphessobrycon griemi
Asal              : Sekitar Goias, Brazil
Nama Inggris : Griem's Tetra

Ciri-Ciri Ikan Grim Tetra (Griem's Tetra)
Bentuk tubuh agak panjang dan pipih (compressed). Warna dasar badannya jernih dengan corak hijau samar-samar. Bagian punggungnya hijau dengan cuilan perut kadang kala putih hingga kekuningan.

s tetra termasuk jenis tetra yang gampang dipelihara Budidaya Ikan Grim Tetra (Griem's Tetra) Ikan Kecil Tahan Lama
aquadomik.ru


Sifat-Sifat Ikan Grim Tetra (Griem's Tetra)
Termasuk jenis tetra yang berukuran kecil, alasannya hanya mencapai panjang 3 cm. Dapat ditempatkan pada semua jenis akuarium alasannya sifatnya yang pendamai. 

Sangat gampang diternak dan merupakan satu jenis ikan yang sangat produktif. Seperti jenis tetra lainnya, griem tetra bertelur pada tumbuhan air. Dapat dikawinkan sepanjang tahun.

Sifat lain yang menonjol dari ikan ini yakni sifat gugupnya jikalau ada sesuatu yag tidak berkenan baginya. Jika gugup, ikan ini akan mencari lubang persembunyian.

Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Grim Tetra (Griem's Tetra)

Jika di taruh dalam akuarium idealnya dengan ukuran 40 x 25 x 20 cm. Sisi akuarium diberi epilog kertas yang gelap. Penutup ini lebih banyak dimaksudkan untuk melindungi induknya dari sifat gugup ketemu orang.

ke dalam akuarium pemijahan usahakan untuk melengkapi jenis tumbuhan air yang unak dan berdaun rimbun sebagai tempat melekat telur. Tanaman sanggup dipilih sesuai keinginan, contohnya saja myriophyllum, Hidrilla, atau Ceratophyllum. 

Penempatan tumbuhan dilakukan sedemikian rupa sehingga tercipta ruang gerak bagi induk-induknya ketika bercumbu nanti. Usahakan pada pangkal tumbuhan diberi pecahan genteng semoga tidak berpindah-pindah.

s tetra termasuk jenis tetra yang gampang dipelihara Budidaya Ikan Grim Tetra (Griem's Tetra) Ikan Kecil Tahan Lama
en.aqua-fish.net


Memilih Induk Budidaya Ikan Grim Tetra (Griem's Tetra)
Dalam melaksanakan budidaya ikan grim tetra ini, salah satu faktor untuk mencapai keberhasilan yaitu dengan menentukan indukan yang baik dan berkualitas bagus, yaitu dengan cara melihat perbedaan sirip analnya. 

Ikan jantan memiliki sirip anal dengan guratan berwarna gelap yang terasa kental atau jelas, sedangkan indukan betina sebaliknya, kawasan yang berwarna gelap ini samar-samar. Untuk memastikan kelamin betina biasanya dikokohkan dengan postur tubuhnya yang gendut pada perutnya.

Pemijahan Budidaya Ikan Grim Tetra (Griem's Tetra)
Idealnya dengan akurium yang diberi jenis tumbuhan hias. sesudah siap indukan boleh dimasukkan. Karena ikan ini termasuk mini atau jenis ikan hias kecil dan tahan lama, maka dalam akuarium yang tidak begitu luas tersebut sanggup dimasukkan 4 pasang indukan.

Jagalah selama pemijahan berlangsung dengan melihat kondisi air, yang ideal antara 22 - 25 derajat C. Ikan jantan akan mengajak induk betina menuju sarang tumbuhan air tersebut. Ikan betina akan mengeluarkan telur yang segera dibuahi oleh sperma induk jantan. sebanyak 200 butir telur akan melekat pada tumbuhan air ini.

Setelah pemijahan selesai, pindahkan indukan pada tempat lain semoga tidak memangsa telurnya sendiri. Beri masakan yang teratur semoga matang telur, sehingga sanggup dipijahkan kembali.

Tidak beberapa usang telur ikan griem tetra akan menetas. Dan menyerupai benih ikan lainnya akan diperlengkapi dengan kuning telur sebagai bekal hidupnya selama beberapa hari.

Biasanya tidak lebih dari 3 hari kandungan kuning telur akan habis, maka berilah masakan dari luar yaitu infusoria atau jenis plankton hasil pemupukan kolam. Bisa juga mnegkulturnya dengan daun kol yang direbus. Kemudian sesudah benih berumur 10 hari, sanggup dipindahkan ke tempat yang lebih luas.

Pembesaran Budidaya Ikan Grim Tetra (Griem's Tetra)

pembesaran budidaya ikan grim tetra sanggup dilakukan pada wadah yang lebih besar lagi. Idealnya jenis akuarium yang berukuran 90 x 45 x 40 cm atau kolam semen berukuran 2 m. Jika dipelihara di kolam sebaiknya di cek dulu suhu airnya. 

Sebab ikan menghendaki dan lebih suka dengan suhu air yang rendah atau adem, dan sama sekali bukan merupakan soal jikalau dipelihara di akuarium alasannya gampang sekali dalam merawatnya.

Makanan benih selanjutnya sanggup disediakan ritifera dan kutu air sesuai dengan umurnya dan lebar mulutnya, menyusul lalu cacing sutera untuk memicu pertumbuhan badannya. Baca jua: Cara Membuat Kutu Air dengan Kol dan Tanpa Bibit

Penggantian air sanggup dilakukan 3 hingga 4 hari sekali berdasarkan kadar kotor atau tidaknya kualitas air, dengan cara membuang sebagian air dan memasukkan air gres yang lebih jernih dan bagus.

Demikian teman sedikit uasan ihwal budidaya ikan grim tetra (griem's tetra) ini, semoga bermanfatt dan sanggup menunjukkan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan jenis ikan hias berikutya.

Baca juga:
-Budidaya Ikan Hias Black Tetra untuk Usaha Bisnis
-Manfaat Ikan Konsumsi untuk Kesehatan Tubuh Kita
-Cara Praktis Membuat Pakan Ikan Sederhana Untuk Budidaya Pembesaran  

Post a Comment for "Budidaya Ikan Grim Tetra (Griem's Tetra) Ikan Kecil Tahan Lama"