Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Etropes Hijau (Banded Chromide, Green Chromide)

Budidaya Ikan Hias Etropes Hijau (Banded Chromide, Green Chromide) Infoikan.com Ikan etropes hijau ini menyerupai sekali dengan ikan nila (tilapia nilotica), ikan hias ini sama sekali tidak ditemukan oleh penghoby ikan hias khususnya Indonesia. Mungkin alasannya ialah harga dan cara budidayanya yang langka dan sedikit peminatnya.

Ikan dengan nama hijau ini merupakan jenis ikan hias langka yang jarang sekali ditemukan di tempat tropis Indonesia ini. Seperti melengkapi nama-nama ikan air tawar yang sangat banyak sekali. Nah berikut beberapa ulasan wacana ikan etropes hijau yang bisa teman ketahui: 

 Ikan etropes hijau ini menyerupai sekali dengan ikan nila  Ikan Etropes Hijau (Banded Chromide, Green Chromide)
Flickr


Ikan Etropes Hijau (Banded Chromide, Green Chromide) yang Langka

Klasifikasi dan Siatematika Ikan Etropes Hijau (Banded Chromide, Green Chromide)
Ordo             : Percomorphoidei
Sub-ordo       : Percoidea
Famili            : Cichlidae
Gebus            : Etropus
Spesies          : Etropus Suratensi (Bloch) Chaetodon Suratensi (Bloch)
Asal                 : Ceeylon, India
Nama Inggris  : Banded Chromide, Green Chromide


Ciri-Ciri Ikan Etropes Hijau (Banded Chromide, Green Chromide)
Sepintas kemudian ikan ini menyerupai ikn nila (tilapia nilotica), hanya saja seluruh tubuh ikan tersapu dengan bintik-bintik putih. Dengan bentuk tubuh panjang, terkadang oval dan pipih compressed, menciptakan ikan ini tidak bisa mengelak dari ciri famili Cichlidae.

Warna dasar badannya biru debu kelabu hingga hijau dengan hiasan bintik-bintik biru dan hijau pelangi pada sisiknya. Sekitar 6 atau 8 garis dengan kedududkan vertikal memotong sebagian atas tubuhnya. 

Sirip dada akan berwarna kekuningan dengan dihiasi bintk-bintik gelap. Sirip lainnya berwarna hijau kelabu dan biru. Sirip punggung dan anal berbentuk panjang, bertengger pada dadanya, dengan bab belakang meruncing. Sirip ekor menyerupai nila, berbentuk datar jernih bab belakang, dan berbintik bab erat ekor.

 Ikan etropes hijau ini menyerupai sekali dengan ikan nila  Ikan Etropes Hijau (Banded Chromide, Green Chromide)
www.fishonmag.com


Sifat-Sifat Ikan Etropes Hijau (Banded Chromide, Green Chromide)
Kadang kala ikan ini suka mencari seteru, dengan siapa saja dan kapan saja. Untuk tidak menciptakan ikan lain menderita, jikalau toh ingin menempatkan ikan lain dengan ikan ini, sebaiknya tempatkan bersama dengan ikan sama besar.

Di alam aslinya ikan ini bisa tumbuh hingga berukuran yang tidak mengecewakan besarnya, sekitar 40 cm. Namun jangan harap kita bisa mendapat yang sebesar itu di tempat pembudidayaan. Paling banter kita hanya sanggup yang berukuran 8 cm.

Makanan yang disukai tidak ada yang khusus. Semua jenis masakan dapat dimakan dengan lahap, baik jenis pakan hidup maupun berupa pakan pelet. Sedangakn untuk masakan buatan sebaiknya dihindarkan, hal ini untuk menjaga kualitas air tetap bagus.

Ikan etropes hijau ini sulit sekali sanggup dilihat alat kelaminnya, beum diketahui gejala khusus yang terlihat dari luar yang sanggup dijadikan modal untuk melacak kelamin ikan bagus ini. Maka sanggup disimpulkan kalau ikan ini belum pernah sanggup dikawinkan baik di kolam maupun di wadah akuarium. 

 Ikan etropes hijau ini menyerupai sekali dengan ikan nila  Ikan Etropes Hijau (Banded Chromide, Green Chromide)
Aquarist.co.ukClassified


Perawatan Ikan Etropes Hijau (Banded Chromide, Green Chromide)

Jika ikan etropes hijau yang ada masih kecil, maka perlu dicari jalan keluarnya semoga ikan ini sanggup selamat hingga besar. Setelah hingga besar tentunya bernilai irit tinggi dibandingkan ketika pertama kali datang.

Untuk wadah pembesaran sanggup digunakan kolam semen berukuran 2 x 1 m persegi dengan kedalaman kolam 40 cm, dan ketinggian air antara 20 x 30 cm. Air yang digunakan sama ketika merawat jenis ikan hias lainnya.

Perawatannya tidak terlalu sulit, sanggup diikuti  seperti halnya menyerupai merawat benih etropes kuning. Demikian pula cara santunan makan dan penggantian airnya.

Demikian teman sedikit ulsan wacana Ikan Etropes Hijau (Banded Chromide, Green Chromide) ini, semoga bermanfaat dan sanggup menawarkan wawasan serta pengetahuan untuk kit semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan hias berikutnya.

Baca juga:
-Langkah-Langkah Budidaya Ikan Cupang (Talking Gourami) untuk Usaha dan Bisnis Ikan Hias
-Langkah-Langkah Budidaya Ikan Discus untuk Usaha dan Binis Ikan Hias
-Cara Merawat Bibit Lele Cepat Besar dan Cepat Panen Hasil Melimpah   

Post a Comment for "Ikan Etropes Hijau (Banded Chromide, Green Chromide)"