Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Karakteristik Lobster Air Tawar Beserta Ciri Cirinya

Lobster Air Tawar Sudah tahu ciri ciri lobster air laut? Atau ingin tahu ciri ciri binatang lobster?

air tawar yang terletak di tempat perairan papua, papua nugini, dan australia.

Ciri khusus lobster 

 yang terletak di tempat perairan papua Mengenal Karakteristik Lobster Air Tawar Beserta Ciri Cirinya

Umumnya tempat hidup lobster air tawar mempunyai ciri-ciri khusus, menyerupai sungai yang tepinya dangkal dan bab dasarnya terdiri atas adonan lumpur, pasir, dan batuan.

Di samping itu, lobster air tawar juga gampang di temukan di sungai atau danau yang banyak di tumbuhi tumbuhan air atau tumbuhan darat yang akar atau batangnya terendam air, sedangkan danaunya berada di atas permukaan air.

Suhu ideal untuk pertumbuhan lobster air tawar ialah 26-30 derajat c. Meskipun demikian, ia juga tahan hidup pada suhu 8 derajat c.

Beberapa daerah indonesia yang biasa di huni lobster air tawar ialah danau klarisifat dan sungai ayammoro di kabupaten wamena papua.

Kedua daerah tersebut sesudah di teliti mempunyai kandungan oksigen terlarut  02 3-5 ppm, karbondioksida 30-44 ppm, ph 6,7-7,8, suhu air 18-22 derajat c, salinitas 82-112 ppm caco 3, dan amonia kurag dari 1,2 ppm.

Sementara itu, perairan di australia yang juga di huni lobster air tawar mempunyai kandungan oksigen terlarut 3-5 ppm, karbondioksida 50-60 ppm, ph 6,5-8,5, suhu air 24-30 derajat c, salinitas 100-120 ppm caco, dan amonia kurang dari 0,2-1,5 ppm.

Baca juga:
Makanan Asli Belut di Alam Bebas
Perkawinan Belut di Alam Bebas

Budidaya Belut dalam Kolam dan Drum

Lobster Air Tawar 

 yang terletak di tempat perairan papua Mengenal Karakteristik Lobster Air Tawar Beserta Ciri Cirinya

Mengenal Klasifikasi Lobster Air Tawar
 yang terletak di tempat perairan papua Mengenal Karakteristik Lobster Air Tawar Beserta Ciri Cirinya

Lobster air tawar termasuk dalam genus cherax, famili parastacidae, ordo decapoda, kelas malacostraca.

Subfilum crustacea, dan filum arthropoda. Beberapa internasionak lobster air tawar ialah crayfish, crawfish, dan crawdad.

Di dunia, terdapat tiga famili lobster air tawar, yakni famili astacidae, cambaridae, dan parastacidae.

Lobster air tawar dari famili astacidae dan cambaridae tersebar di belahan dunia bab utara, sedangkan famili parastacidae menyebar di dunia bab selatan, menyerupai australia, indonesia bab timur, selandia baru, dan papua nugini.

Deskripsi lobster Air Tawar 

 yang terletak di tempat perairan papua Mengenal Karakteristik Lobster Air Tawar Beserta Ciri Cirinya

Tubuh lobster air tawar terbagi menjadi dua bagian, yakni kepala dan perut. Antara kepala bab depan dan belakang terdapat bab yang dikenal dengan nama subhchepalothorax.

Sementara itu, cangkang yang menutupi kepala yang di sebut karapak yang berperan dalam melindungi organ tubuh, menyerupai otak, insang, hati, dan lambung.

Karapak berbahan zat tanduk atau kitin yang tebal dan merupakan nitrogen poliskarida yang di sekresikan oleh kulit epidemis dan sanggup mengelupas ketika terjadi pergantian cangkang tubuh.

Ciri Khas Lobster Air Tawar

 yang terletak di tempat perairan papua Mengenal Karakteristik Lobster Air Tawar Beserta Ciri Cirinya

Ciri lain yang terdapat pada lobster air tawar ialah moncongnya hampir berbentuk segitiga pipih, lebar, dan terdapat duri di sekelilingnya.

Di habitat aslinya, lobster air tawar mencari kuliner pada malam hari. Pakan lobster air tawar biasanya berupa biji-bijian, ubi-ubian, dan bangkai hewan. Lobster memangsa makanannya lewat beberapa tahapan kerja.

Di awali pendeteksian kuliner memakai antena panjang yang terletak dikepala lobster. Jika sesuai seleranya, mangsa akan di tangkap memakai capit lobster yang berpengaruh dan kokoh.

Selanjutnya, mangsa di serahkan pada kaki jalan pertama sebagai tangan untuk memegang mangsa yang siap dikonsumsi.

Lobster air tawar mempunyai gigi halus yang terletak dipermukaan mulut, sehingga cara memakan mangsanya dengan cara sedikit demi sedikit.  

Post a Comment for "Mengenal Karakteristik Lobster Air Tawar Beserta Ciri Cirinya"