Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budidaya Ikan Lencam Atau Kerapu Di Kolam Tambak Air Tawar

Budidaya Ikan Lencam Sudah tahu cara budidaya ikan kerapu di kolam? Atau ingin tahu cara budidaya ikan kerapu di tambak menurut habitatnya?

Yang di sebut ikan lencam memiliki beberapa spesies. Beberapa spesies lencam yang mencapai ukuran besar, 40 cm antara lain lethrinus seale, l, erythracanthus, l. Erythropterus, l. Harak, l. Lencan, l.miniatus, l. Microdon, l. Xanthocheillus, dan l. Ornatus. 

Ikan lencam tergolong dalam famili lethrinidae. Bentuk tubuh ikan famili ini dari agak tinggi hingga tinggi. 

Sirip punggung kontinu dengan 10 jari – jari keras dan 9-10 jari – jari lunak.
Sirip dubur dengan 3 jari-jari keras dan 8 – 10  jari-jari lemah. Sirip dada dengan 13 – 14  jari – jari  lemah. 

Sirip perut terletak ke bab dada dengan 1 jari-jari keras dan 5 jari-jari lemah. Sirip ekor dari berlekuk hingga cagak. Kepala besar dengan verbal yang kecil dan bibir tebal. 

Spesies l. Seale yang dikenal sebagai dusu, katamba, siwi, atau pacific yellow tail emperor memiliki tubuh relatif tinggi dan pipih. 

Lengkung bab kepala bab atas cembung sempurna di mata, dari moncong hingga mata agak cekung, dari mata hingga awal sirip punggung agak cembung. 

Sebelum melangkah jauh akan habitat aslinya, ketahui dulu cara budidaya ikan lencam atau kerapu di KJA dan juga kolam tambak air tawar.

 Sudah tahu cara budidaya ikan kerapu di kolam Budidaya Ikan Lencam atau Kerapu di Kolam Tambak Air Tawar

Budidaya Ikan Lencam

Sebelum budidaya dilakukan, Anda sanggup mengenali dulu pembagian terstruktur mengenai dan ciri fisik ikan lencam atau kerapu ini secara detail.

Moncong agak pendek. Bibir kemerahan. Pipi relatif tinggi. Mata terletak bersahabat bab atas kepala. 

Sirip ekor berlekuk. Kepala kecoklatan tua, tubuh bab atas abu-abu kehijauan, bab bawah lebih terang. 

Ujung sirip punggung, sirip dada, sirip dubur, dan sirip ekor kemerahan. Sirip perut putih. 

Ikan ini sanggup mencapai ukuran 50 cm. Hidup diperairan bersahabat terumbu karang dan kawasan dengan dasar perairan berpasir.

Baca juga:
Nama-Nama Ikan Laut Terlengkap Beserta Gambarnya
Nama Nama Ikan Laut yang Praktis untuk di Ingat

Pembenihan Ikan Lencam atau Kerapu

 Sudah tahu cara budidaya ikan kerapu di kolam Budidaya Ikan Lencam atau Kerapu di Kolam Tambak Air Tawar

Benih ikan lencam untuk budidaya sanggup diperoleh dari penangkapan di alam. Ikan yang tertangkap mulai dari ukuran 20 gr/ekor hingga ukuran besar. 

Untuk budidaya sebaiknya memakai benih dari ukuran 20 – 150 gr/ekor. Sampai ketika ini belum ada pembenihan lencam secara terkontrol di hatchri. 

Budidaya Ikan Lencam di KJA dan Tambak

 Sudah tahu cara budidaya ikan kerapu di kolam Budidaya Ikan Lencam atau Kerapu di Kolam Tambak Air Tawar

Untuk menghasilkan ikan lencam ukuran konsumsi 300 gr/ekor dibutuhkan pemeliharaan 5 – 9 bulan, tergantung dari ukuran awal benih yang ditebar. 

Jika benih yang ditebar mencapai ukuran 100 – 150 gr/ekor, sehabis dipelihara 5 – 6 bulan telah mencapai ukuran 300 gr/ekor, sedangkan benih ukuran 40 gr/ekor, untuk mencapai ukuran 300 gr/ekor dipelihara selama 7 – 9 bulan. 

Benih ikan lencam yang di tangkap ukurannya tidak seragam. Karena itu, pemeliharaan dilakukan bertahap, untuk benih ukuran 20 – 60 gr/ekor sanggup ditebar dengan kepadatan 60 – 70 ekor/m3, sedangkan benih yang mencapai ukuran 70 – 150 gr/ekor ditebar dengan kepadatan 50 – 60 ekor/m3. 

Makanan Ikan Lencam atau Kerapu

Pada tahap penggelondongan, ikan lencam di beri pakan berupa ikan rucah segar yang dipotong atau di cacah kecil – kecil sesuai dengan lebar bukaan verbal ikan. 

Frekuensi santunan pakan yaitu 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari dengan takaran 6 - 8% dari total bobot tubuh ikan. 

Selain itu, ikan lencam juga sanggup diberi aksesori vitamin seminggu sekali yang diberikan bersama pakan. 


Vitamin yang dipakai yaitu amolvit dengan takaran 1 gr/kg pakan dan prrobiotik 1 – 2 cc/kg pakan.  

Selesai sudah sedikit menyebarkan akan cara budidaya ikan lencam dalam KJA dan juga tambak ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Post a Comment for "Budidaya Ikan Lencam Atau Kerapu Di Kolam Tambak Air Tawar"