Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budidaya Ikan Napoleon Di Tambak Dan Kja

Budidaya Ikan Napoleon Sudah tahu harga ikan napoleon? Atau ingin tahu ikan napoleon terbesar di dunia?

Ikan napoleon tergolong dalam famili labridae. Dalam famili tersebut terdapat beberapa genus di antaranya anampses, bodianus, cheilinus, coris, dan holichoeres. 

Ikan famili labridae memiliki tubuh berbentuk bulat telur hingga memanjang dan pipih. 

Mulut terminal dan sanggup disembulkan. Sisik lingkaran dari sedang hingga besar. Garis rusuk hampir lengkap atau dengan lekukan di bawah belakang sirip punggung. 

Sedangkan genus cheilinus dikenal dari tubuh lonjong hingga agak memanjang. Lengkung kepala bab atas dari lurus hingga sangat menonjol. 

Daerah antara mata bersisik. Garis rusuk terputus di bawah bab belakang sirip punggung sedangkan garis lurus di batang ekor lurus. 

Selaput antara jari - jari keras sirip punggung dari sedikit berlekuk hingga dengan lekukan tajam. Di bawah ini cara budidaya ikan napoleon secara singkat yang biasa dijadikan sebagai ikan bakar.
 Dalam famili tersebut terdapat beberapa genus di antaranya anampses Budidaya Ikan Napoleon di Tambak dan KJA


Budidaya Ikan Napoleon

Baca juga:

Napoleon hidup di ekosistem terumbu karang yang dalam dan merupakan ikan karnivora yang memakan ikan lemuru, tembang, kembung, teri, kepiting, rajungan, udang, dan binatang lainnya. 

Ikan ini sanggup mencapai ukuran 200 cm dan tersebar di kawasan indo pasifik. Napoleon merupakan jenis ikan konsumsi termahal dipasaran asia, terutama hongkong dan singapura. 

Napoleon memiliki tubuh agak tinggi. Pada ikan-ikan muda lengkung kepala bab atas agak cembung, pada ikan cukup umur bab ini berkembang sangat menonjol. 

Rahang menonjol keluar dengan bibir tebal. Tulang epilog insang dan tubuh tertutup oleh sisik lingkaran yang besar hingga dasar sirip punggung, sirip dubur, dan sirip ekor. 

Garis rusuk terputus di bawah bab belakang sirip punggung. Sirip dada membundar dan lebih besar dari sirip perut. Sirip ekor membundar. 

Sirip punggung memiliki 9 jari-jari keras dan 10 jari-jari lunak. Sirip anal 3 jari-jari keras dan 8 jari - jari lunak. Sirip perut terdapat 12 jari-jari lunak. 

Pada ikan – ikan muda tubuh abu-abu kecoklatan. Sedangkan ikan cukup umur kehijauan. Kepala bab bawah terdapat garis coklat kehijauan yang bergelombang. 

Sekitar mata dengan sepasang garis coklat yang mulai dari ujung rahang menuju mata dan dari belakang mata menuju ke awal garis rusuk. 

Di atas mata dengan bintik-bintik hitam. Sirip perut keputih - putihan. Sirip punggung, sirip dubur dan sirip ekor dengan bintik-bintik coklat. Pinggiran sirip ekor putih. 
 Dalam famili tersebut terdapat beberapa genus di antaranya anampses Budidaya Ikan Napoleon di Tambak dan KJA


Pembenihan Ikan Napoleon

Benih ikan napoleon untuk budidaya berasal penangkapan di alam dan pembenihan terkontrol.

 Penangkapan benih dan napoleonukuran besar dilakukan di kawasan terumbu karang. Sedangkan benih dari pembenihan terkontrol gres tersedia di BBPBL gondol bali. 
 Dalam famili tersebut terdapat beberapa genus di antaranya anampses Budidaya Ikan Napoleon di Tambak dan KJA


Budidaya Ikan Napoleon di KJA

Pemeliharaan ikan napoleon di kja yang di mulai dari benih berukuran relatif kecil. Memerlukan beberapa tahapan. 

Tahapan ini antara lain berkhasiat untuk menghindari tingkat mortalitas yang biasanya tinggi. 

Dalam tahapan ini, ikan di seleksi menurut ukurannya, untuk menghindari sifat kanibal dan supaya pertumbuhan ikan lebih seragam. 

Dalam pemeliharaan, di bedakan adanya tiga tahap pemeliharaan, adalah pendederan, penggelondongan, dan pembesaran. 


Cukup singkat dan padat menyebarkan akan cara budidaya ikan napoleon air maritim ini. Semoga sanggup menawarkan citra sebelum melangkah membuka usaha.

Post a Comment for "Budidaya Ikan Napoleon Di Tambak Dan Kja"