Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kandungan Histamin Pada Ikan

Kandungan Histamin pada Ikan Sudah tahu cara menyusun histamin pada ikan pdf? Atau ingin tahu proses pembentukan histamin?

Histamin merupakan senyawa turunan dari asam amino histidin yang banyak terdapat pada ikan

Histidin merupakan salah satu dari sepuluh asam amino esensial yang di butuhkan oleh anak - anak dan bayi, tetapi bukan asam amino esensial bagi orang dewasa. 

Kadar Histamin
Histamin merupakan senyawa turunan dari asam amino histidin yang banyak terdapat pada  Kandungan Histamin pada Ikan


Perlu diketahui bahwa ikan juga mengandung histamin yang secara alami sanggup menjadikan keracunan. 

Keracunan tersebut tidak hanya disebabkan oleh kelompok ikan yang secara alami sudah mengandung histamin. 

Tetapi juga sanggup disebabkan oleh ikan yang mutunya kurang segar. Semakin tinggi tingkat kerusakan yang terjadi pada ikan, maka semakin banyak kandungan histamin yang terbentuk pada ikan. 

Namun, mengkonsumsi ikan mengandung histamin dalam jumlah rendah tidaklah membahayakan bagi tubuh. 

Kandungan Histamin pada Ikan

Histamin merupakan senyawa turunan dari asam amino histidin yang banyak terdapat pada  Kandungan Histamin pada Ikan
Baca juga:

Di dalam tubuh, histamin mempunyai imbas psikoaktif dan vasoaktif. Efek psikoaktif menyerang sistem syaraf transmitter manusia. 

Sedangkan fek vasoaktifnya menyerang sistem vaskular. Pada orang-orang yang peka, histamin sanggup menjadikan migrain dan menjadikan tekanan darah meningkat. 

Gejala keracunan akan terjadi apabila mengkonsumsi 70 - 1000 mg histamin. 
Gejala yang terjadi saat keracunan histamin yaitu muntah-muntah, bibir bengkak, sakit kepala, mual, muka kemerah - merahan, gatal - gatal, dan tubuh lemas. 

Meskipun histamin sanggup menjadikan keracunan, namun belum ada insiden yang menjadikan kematian. Oleh lantaran itu, upayakan supaya memakan ikan yang kesegarannya terjamin. 

Kracunan Tuna

Histamin merupakan senyawa turunan dari asam amino histidin yang banyak terdapat pada  Kandungan Histamin pada Ikan

Jangan samakan alergi terhadap ikan dengan keracunan yang di sebabkan oleh ikan lantaran munculnya tanda-tanda yang sama. Keracunan sanggup dihindari, tetapi alergi tidak sanggup di hindari. 

Oleh lantaran itu, biasanya, mereka yang alergi terhadap ikan akan menelan pil antihistamin sesudah makan supaya tidak terjadi reaksi alergi. 

Untuk menghindari keracunan yang di sebabkan oleh ikan, pilihlah ikan yang masih segar, membuang isi perut sebelum di olah, dan apabila belum di olah, simpanlah di dalam lemari es. 


Cara tersebut juga dilakukan untuk menghindari timbulnya basil pembusuk lantaran jumlah histamin pada ikan dipengaruhi oleh jumlah basil yang ada pada ikan.

Ternyata kandungan histamin pada ikan sanggup menjadikan beberapa hal yang sanggup merusak kesehatan tubuh. Dari sini bolehlah untuk mengurangi mengkonsumsi histamin.

Post a Comment for "Kandungan Histamin Pada Ikan"