Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit Jamur Pada Ikan Saprolegnia Sp

Penyakit Jamur pada Ikan Infoikan.com Suka memelihara ikan untuk hiasan ruangan? atau budidaya ikan untuk perjuangan sampingan? Siapa sih yang tak kenal dengan ikan, salah satu komplemen makan yang mengandung gizi yang tinggi. Maka tak jarang orang yang mengkonsusmsi ikan akan selalu mencari info perihal ikan tersebut. 

Salah satunya dikala sedang membuka peternakan budidaya ikan, baik ikan hias, maupun ikan konsumsi. Baik cara merawat, ataupun pengobatan oleh serangan hama luar. Terutama dilema penyakit jamur pada ikan yang harus diwaspadai oleh petani dan yang lain.

Nah..bagi teman pemula yang ingin mencari info mengenai cara merawat ikan supaya dalam pemeliharaan berhasil dan mendapat laba yang besar sekaligus hasil memuaskan, berikut klarifikasi dan cara menanggulangi penyakit jamur pada ikan:

 Suka memelihara ikan untuk hiasan ruangan Penyakit Jamur pada Ikan Saprolegnia Sp


Penyakit Jamur pada Ikan Saprolegnia sp 

Klasifikasi Jamur Saprolegnia sp 
Dunia           :   Prototista
Phyla           :   Heterkonta
Kelas           :   Oomycotea
Bangsa        :  Saprolegniales
Suku           :   Saprolegniaceae
Marga          :   Saprolegnia
Jenis           :   Saprolegnia spp  


 Suka memelihara ikan untuk hiasan ruangan Penyakit Jamur pada Ikan Saprolegnia Sp


Infeksi Jamur
Pada umumnya jenis ikan yang rawan terkena benjol jamur ini adalah ikan yang umurnya sudah tua. Biasanya penyerangan pada kepingan luarnya saja yang memang awalnya sudah terdapat luka pada badan ikan.

Saprolegnia sp 
Inilah jenis jamur yang sudah populer dimata petani dan pemelihara dengan nama lain "water molds" tak hanya ikan saja yang diserang, melainkan juga pada telur. Kualitas air yang jelek sanggup memicu timbulnya jamur ini, rendahnya sirkulasi air, rendahnya kadar oksigen, dan tingginya kadar materi organik.

Tanda-Tanda dan Ciri-Ciri Penyakit Jamur Saprolegnia sp 
Pada kepingan sirip badan ikan akan bermunculan putih menyerupai kapas, bisa juga bervariasi warna kelabu, coklat pada kulit ikan, telur, sirip, insang, dan anggota lainnya. Oleh penelitian menyampaikan "jamur ini mempunyai cabang menyerupai pohon yang berkembang", apabila dibiarkan akan menjadikan maut pada ikan.
  • Jika teman mendapati ikan mengambang diatas air, segera ambil dan lihat.
  • Memiliki gerakan yang lambat.
  • Terdapat benang putih pada kepingan tubuhnya.

Penyebab Munculnya Penyakit Jamur Saprolegnia sp
Banyak sekali penyebab jamur datang, namun yang biasa dialami diantaranya seperti: 
  1. Buruknya kondisi lingkungan.
  2. Infeksi oleh kuman dan virus, serta benalu lainnya.
Penyebab munculnya penyakit jamur saprolegnia SP
  • Terlalu banyak jumlah ikan dalam kolam atau aquarium.
  • Rendahnya kadar oksigen.
  • Kandungan gizi yang kurang memadai.
  • Tingginya materi organik
  • Kondisi air yang kurang berkualitas.
  • Jangan terlalu kebanyakan menampung jumlah ikan dalam satu kolam atau akuarium, hal ini untuk menghindari perkelahian yang mengakibatkan adanya luka.
  • Memeberikan jenis pakan yang bernutrisi tinggi.
  • Apabila melihat ikan terdapat tanda muncul jamur, segera lakukan tindakan adalah penilaian kualitas air kolam dan aquarium.
  • Jika serangan mendadak parah, segera lakukan pengobatan adalah dengan PK, Formalin, dan povidone iodine.

Cara Pencegahan Penyakit Jamur Ikan Saprolegnia sp 

Usaha pencegahan merupakan cara yang harus untuk mengontrol penyakit jamur. Taburi air kolam dengan garam grosok secukupnya, salah satu hal yang paling penting adalah selalu menjaga kualitas dan kebersihan air kolam.

 Suka memelihara ikan untuk hiasan ruangan Penyakit Jamur pada Ikan Saprolegnia Sp


Cara Mengobati Penyakit Jamur pada Ikan Saprolegnia sp
Seperti yang pengobatan penyakit lainnya, ada beberapa cara yang sanggup teman lakukan, diantaranya sebagai berikut:

Menggunakan Kalium Permanganat (PK)
Melalui proses oksidasi, PK ini bisa membunuh jenis penyakit menyerupai parasit, kuman dan virus pada ikan. 

Cara mengobatinya cukup mudah, lihat jumlah ikan yang terjangkit jamur. Jika sedikit, cukup masukkan saja ikan tersebut pada bejana yang sudah bercampur larutan PK selama sekitar 15 - 20 menit. Jika jumlahnya sangat banyak, taburkan saja larutan PK nya pada kolam.

Cara Lain untuk Mengatasi penyakit Jamur dengan Garam Dapur
Sama halnya kita hidup membutuhkan air yang cukup, apalagi setiap hari mengeluarkan keringat, asupan garam dan manisan harus kita jaga.

Dengan garam dapur teman bisa taburkan pada ikan yang terkena penyakit dan juga yang masih sehat, hal ini alasannya dalam mempertahankan fungsi seluler yang tepat, ikan secara terus menerus harus mengganti kandungan garam yang hilang dan mengeluarkan kembali air tawar yang berlebih pada tubuhnya.

Tergantung jumlahnya, jikalau sedikit cukup masukkan saja pada bejana atau wadah yang lebih luas, kemudian taburkan 4 cendok garam ditambah dengan sedikit cuka, ikan yang terjangkit penyakit tersebut bisa teman rendem selama 20 menitan. Serta usahakan untuk membedakan dari yang lain, dan campur dulu sebelum benar-benar sembuh.

Jika dirasa banyak yang terjangkit penyakit jamur ini, cara yang sempurna teman sanggup mengganti airnya saja. Dan bersihkan dengan menebar pupuk pada kolam.

Sekian dulu teman sedikit ulasan perihal penyakit jamur pada ikan ini, semoga bermanfaat dan sanggup menambah wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang pemeliharaan budidaya berikutnya.

Baca juga:
-Macam-Macam Penyakit Pada Ikan
-Nama-Nama Ikan Air Tawar Terlengkap dari A - Z
-Ikan Louhan Stress dan Terserang Penyakit ? Penyebab dan Solusinya

Post a Comment for "Penyakit Jamur Pada Ikan Saprolegnia Sp"