Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit Ikan Koi Dan Cara Mengatasinya

Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengatasinya Infoikan.com Pernah menemukan jenis penyakit tubuh merah pada koi? atau penyakit jamur dengan bintik putih pada sisik ikan? Siapa sih yang tak kenal dengan koi, jenis ikan hias yang mudah dipelihara dikolam. Yang keberadaannya sanggup menghiasi taman.

Khusus bagi sahabat pemula yang ingin memelihara ikan koi harus mencari tau dulu jenis penyakit yang sanggup muncul akhir kurangnya perhatian pada ikan. Karena penyakit ikan koi ini sanggup tiba ketika kita lengah dalam merawatnya.
 
Semua pemelihara tentunya menginginkan ikan yang dirawatnya dalam keadaan sehat dan berkembangbiak serta sanggup menyenangkan hati. Apalagi ikan koi ini mempunyai keindahan pada bentuk tubuh dan warnanya yang anggun dan indah. Tak sanggup dipungkiri kalau harganya semakin mahal.  

seperti halnya ikan lain, ikan koi juga rawan terkena penyakit. Jenis penyakit yang sering menyerang ikan koi diantaranya white spot, kutu ikan dan ulcer, penyakit bibir dan ekor, penyakit stress, dan yang paling berbahaya yaitu penyakit herpes.   

Baca juga:- Penyakit Jamur pada Ikan Saprolegnia Sp
Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengatasinya  Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengatasinya

Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengatasinya


1. White Spot
Penyakit white spot sanggup menyerang hampir semua jenis ikan, termasuk ikan koi. Pada umumnya penyakit ini tiba dan menyerang ketika pergantian trend (pancaroba). Cara mengatasi penyakit ini dengan memakai metrodinasol dengan dosis 1 tablet untuk setiap 50 L air.

Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengatasinya  Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengatasinya


2. Penyakit Ikan Koi - Kutu Ikan dan Ulcer
Penyakit kutu ikan yang menyerang ikan koi disebabkan oleh udang renik benalu argulus indicus. Parasit ini melekat pada tubuh ikan dalam bentuk bundar kecil yang melukai dan meninggalkan lubang-lubang kecil pada tubuh ikan. 

Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengatasinya  Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengatasinya


Cara mengatasi penyakit kutu air yaitu dengan menunjukkan PK (kalium Permanganat) . Disisnya 3 gram PK untuk setiap 1 m kubik air dan diulangi 3 hari kemudian, biar sisa-sisa benalu itu hilang.

3. Penyakit Bibir dan Ekor
Penyakit ini ditandai dengan munculnya lubang pada bibir dan pangkal ekor koi. Penanganan penyakit ini sama dengan menangani penyakit kutu ikan dan ulcer.

Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengatasinya  Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengatasinya


4. Penyakit Ikan Koi Stress

Ikan koi juga sanggup mengalami stress. Tanda-tanda ikan koi mengalami stress adakah sebagai berikut:
  • Ikan koi lebih bahagia berada di pojokan dan dan kurang berangasan ketika berenang.
  • Ikan koi tiba-tiba mogok makan.
  • Terdapat bercak merah disekejujur tubuhnya lantaran stress terkena penyakit.
  • Ikan koi berusaha meloncat dari bak pemeliharaan.
  • Ikan koi membisu di dasar bak

Penyakit stress pada koi sanggup terjadi  lantaran beberapa hal. Misalnya stress seusai lomba atau lantaran penyakit. Jika koi stress lantaran penyakit, sebaiknya penyakit yang menyerangnya segera ditangani.

Jika koi stress lantaran usai lomba, sebaiknya untuk sementara waktu koi dipelihara dalam bak karantina. Kolam karantina tersebut berisi air yang telah diberi garam ikan dan antibiotik serta mempunyai syistem filtrasi yang memadai.

Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengatasinya  Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengatasinya
sisisk tubuh koi kasar dan ada bercak


5. Penyakit Herpes Ikan Koi
Penyakit ikan koi yang terakhir yaitu herpes. Herpes merupakan jenis penyakit yang menyerang koi yang paling ditakuti. Karena penyakit ini akan berujung tamat hidup dan sulit diobati. 

Ciri-ciri ikan koi terkena penyakit herpes yaitu tubuhnya bermetamorfosis kemerahan, tidak mau makan, dan pergerakan renangnya terlihat lemas. 

Cara mencegahnya penyakit ini yaitu dengan memakai vitamin C dan E serta pakan berprotein tinggi, sehingga koi mempunyai daya tahan yang tinggi.

Demikian sedikit ulasan perihal penyakit ikan koi dan cara mengatasinya ini, semoga bermanfaat dan sanggup menambahkan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang pemeliharaan berikutnya.

Baca juga: 
-Macam-Macam Penyakit Pada Ikan
-Fakta Informasi Seputar Ikan Koi
-Penyakit Ikan Louhan dan Cara Mengatasinya 

Post a Comment for "Penyakit Ikan Koi Dan Cara Mengatasinya"