Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit Ikan Louhan Dan Cara Mengatasinya

Penyakit pada Ikan Hias Louhan White Spot dan Cara Mengatasinya Infoikan.com Penampilan ikan hias louhan akan semakin memukau kalau didukung dengan kesehatan yang baik. Nilai keindahan louhan akan berkurang kalau terkena banyak sekali jenis penyakit. Louhan merupakan jenis ikan hias yang gampang dipelihara.

Tak hanya itu, jenong yang ada pada sisi kepalanya yang mengakibatkan louhan ini tetap eksis dikalangan kalayak umum. Yang memang awal mulanya sempat surut, dengan harga ikan louhan yang murah mengakibatkan nama ikan ini naik daun.

Jika teman pemula ingin merawat ikan louhan, ketahui dulu penyakit pada ikan louhan yang sanggup menyerangnya kapan pun itu. Berikut beberapa daftar penyakit ikan louhan diantaranya: white spot, lisan bisulan, cacat atau luka, stress, anyir lisan dan kembung.

Penyakit pada Ikan Hias Louhan White Spot dan Cara Mengatasinya  Penyakit Ikan Louhan dan Cara Mengatasinya


Penyakit pada Ikan Louhan dan Cara Mengatasinya

1. White Spot
White spot atau bintik putih ialah timbulnya bintik putih pada sisik louhan. White spot disebabkan oleh jamur. Jamur ini muncul lantaran buruknya kualitas air yang digunakan. white spot merupakan salah satu jenis penyakit louhan yang sulit untuk disembuhkan.

Oleh lantaran itu, sebelum louhan terkena white spot, sebaiknya kualitas air yang dipakai selalu dijaga. Cara mengatasinya cukup sediakan garam kemudian taburkan pada aquarium sobat, hal ini akan membantu mencegah munculnya penyakit white spot.

Penyakit pada Ikan Hias Louhan White Spot dan Cara Mengatasinya  Penyakit Ikan Louhan dan Cara Mengatasinya


2. Penyakit Ikan louhan - Mulut Bisulan
Louhan yang terkena lisan bisulan ditandai dengan infeksi merah pada mulutnya. Mulut bisulan sanggup terjadi lantaran seragan Crustaceae (sejenis udang), luka infeksi tanggapan perkelahian, kuman atau jamur, serta jenis pakan luuhan yang kurang cocok.

Penyakit lisan bisulan pada louhan sanggup disembuhkan dengan cara mengisolasi louhan dalam aquarium khusus. Mulut louhan yang bisulan diberi antibiotik. Selama dalam perawatan, puasakan louhan selama 2 - 3 hari. sehabis itu, berilah pakan yang bergizi.

Penyakit pada Ikan Hias Louhan White Spot dan Cara Mengatasinya  Penyakit Ikan Louhan dan Cara Mengatasinya


3. Penyakit Cacat atau Luka
Penyakit ikan louhan cacat atau luka sanggup terjadi lantaran langgar dengan ikan lain atau lantaran kualitas air yang jelek. 

Penyakit ini sanggup disembuhkan dengan mengisolasi louhan dalam aquarium khusus dan mengobati luka dengan antibiotik. Selama dalam perawatan, berilah pakan pada louhan yang bergizi.

4. Penyakit Ikan Louhan - Stress

Jika warna badan louhan tiba-tiba memudar, timbul belang hitam, jenong kempes, dan tingkah lakunya pasif, kemungkinan besar louhan tersebut terjangkit stress. Beberapa hal yang sanggup menimbulkan louhan stress: Penempatan aquarium yang salah, jenis pakan yang buruk, takutterhadap musuh, atau sorot lampu serta warna baju.

Cara mengatasi louhan yang terkena stress diantaranya: Letakkan aquarium 90 cm di atas lantai, berilah pakan yang sesuai, sanggup dipisahkan dari ikan lain, serta biasakanlah menghadapi banyak sekali macam keadaan biar tidak gampang kaget.

5. Kembung dan Busuk Mulut 
Penyakit ikan louhan anyir lisan ini sanggup ditandai dengan perut membengkak dan berwarna merah. Penyebab timbulnya penyakit ini yaitu pakan yang kurang higinies. Selain menimbulkan kembung merah, pakan yang tidak higinies sanggup menimbulkan anyir lisan yaitu ditandai dengan bentuk bibir infeksi dan jontor.

Cara mengatasi kedua penyakit tersebut diantaranya dengan obat. dengan cara louhan diterapi selama 7 hari dalam air larutan obat antibiotik, antiparasit, dan antijamur. Selama masa terapi usahakan jangan memberi pakan dulu (dipuasakan). 

Cara lain mengatasi penyakit louhan yaitu dengan memakai air hangat, dengan cara taruh di dalam daerah hangat dan puasakan selama 3 hari.

Demikian sedikit ulasan perihal penyakit ikan louhan dan cara mengatasinya ini, semoga bermanfaat dan sanggup menambah wawasan sert pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan jenis ikan hias lainnya berikutnya.

Post a Comment for "Penyakit Ikan Louhan Dan Cara Mengatasinya"