Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Penyakit Pada Ikan - Gosip Seputar Ikan

Macam-Macam Penyakit pada Ikan Infoikan.com Suka budidaya ikan untuk perjuangan sampingan? Sudah taukah Anda semua jenis penyakit yang sanggup menyerang ikan? Siapa sih yang tidak kenal dengan penyakit, keadaan dimana yang sanggup menghambat aktifitas ikan terutama dengan pertumbuhan dan kesehatannya.

Seorang pemelihara dan perawat ikan, baik ikan hias maupun ikan konsumsi harus tau akan semua penyakit yang sanggup menyerang kesehatan ikan. Gagalnya seorang budidaya salah satunya lantaran kurang mengetahui macam-macam penyakit pada ikan ini. Untuk itu, info ikan akan membahas jenis penyakit yang sanggup menyerang ikan sobat. Berikut beberapa
macam-macam penyakit pada ikan:

 Suka budidaya ikan untuk perjuangan sampingan Macam-Macam Penyakit Pada Ikan - Info seputar Ikan

 

Macam-Macam Penyakit Pada Ikan

1. Penyakit yang Berasal dari Jamur
Tak hanya insan saja yang sanggup terjangkit penyakit, kesehatan ikan juga sanggup diraba olehnya. Tanda penyakit jamur pada ikan biasanya terdapat kapas atau bercak-bercak putih diseluruh tubuhnya. Yaitu jenis jamur
Aphanomyces dan jamur aprolegmia (menyerang penggalan luar tubuh).

 Suka budidaya ikan untuk perjuangan sampingan Macam-Macam Penyakit Pada Ikan - Info seputar Ikan


Cara mengatasi penyakit jamur salah satunya menjaga kualitas air kolam saja, dan usahakan untuk memindahkan ikan yang tubuhnya terdapat luka akhir bertarung.  

Cara lain mengatasi penyakit jamur pada tubuh ikan dengan menyediakan larutan malacheet green takaran 60 g/M3. Celupkan aja si ikan selama 10 - 15  menitan. Atau sanggup juga menggunakan Formalin dengan dosis 1,5 – 2 cc/liter air selama 15 menit , celupkan saja selama kira-kira 10 - 15 menitan.
 2. Macam-Macam Penyakit Ikan yang Diakibatkan oleh Bakteri
Bakterial nama penyakit yang berasal dari bakteri. Ciri-ciri ikan yang terkena penyakit kuman pada umumnya terdapat luka berwarna merah pada tubuh ikan. Yakni hanya pada penggalan luar saja, menyerupai sirip mengalami pembusukan, rusaknya insang, dan terlihat pucat, bisulan yang berisi cairan, pembengkakan pada perut dan lainnya.

Bakteri pada ikan ini dinamai Aeromonas Hydrophyla yang umum menyerang ikan air tawar, baik dalam budidaya maupun pemelihara rumahan serta menjadikan anyir yang tidak sedap. Jika dibiarkan, penyakit kuman ini akan merubah ikan akan semakin mengenaskan.

 Suka budidaya ikan untuk perjuangan sampingan Macam-Macam Penyakit Pada Ikan - Info seputar Ikan


Cara pencegahan penyakit kuman pada ikan sama menyerupai pengobatan penyakit jamur, ialah teman sanggup menyediakan Malacheet Green (MG) berupa serbuk hijau dengan membeli di toko ikan hias maupun toko-toko obat.

Cara pertama cukup pindahkan si ikan yang terjangkit penyakit kuman tadi, kemudian celupkan dalam air yang sudah dicampur dengan obat dengan takaran 1 - 15 mg/L penyakit tadi selama kurang lebih 15 - 20 menitan. Lakukan secara teratur hingga sembuh, kira-kira 3 - 4 hari. 

3. Penyakit yang Berasal dari Kutu Ikan (Argulus)
Semua jenis penyakit yang namanya kutu niscaya suka menghisap darah, sama persisi pada ikan ini. Untuk pada ikan, pada umumnya suka menghisap darah pada penggalan ekor ikan, dan cara ini berpindah dari ikan satu ke ikan yang lainnya. Ciri-cirinya ikan akan bermetamorfosis kurus, serta sanggup mengakibatkan kematian. 

 Suka budidaya ikan untuk perjuangan sampingan Macam-Macam Penyakit Pada Ikan - Info seputar Ikan


Cara mengatasi penyakit kutu ikan ini cukup mudah, ganti saja air kolam secara berkala. Disamping itu, ambil jenis ikan yang terlihat luka dalam tubuhnya, kemudian obati dengan cara diatas dengan obat khusus ialah larutan garam (NaCL) 25 g/liter selama 6 menit. Obat kimia lainnya menyerupai Insektisida Malathin dan Dipterex dengan takaran 0,25 mg/liter.

Cara lain mengatasi kutu air ini dengan melaksanakan pengapuran pada kolam, kuras dan pupuk kembali, serta memusnahkan telur-telur Argulus tadi.

4. Macam-Macam Penyakit pada Ikan yang Berasal dari Protozoa

Protozoa merupakan jenis penyakit bintik putih (white spot), dan inilah yang paling banyak dialami oleh ikan budidaya maupun peliharaan menyerupai ikan hias. Pada umumnya menyerang penggalan sirip dan insang ikan dan terjadi pendarahan. Parasit Protozoa yang umum dengan sebutan "Ich" dari jenis Ichthyopthirius multifilis.

Pemberian pakan ikan yang baik dan berkualitas anggun merupakan hal utama dalam merawat budidaya merawat ikan dari serangan penyakit. Serta mengganti air secara terpola supaya tetap dalam keadaan segar dan bersih.  

 Suka budidaya ikan untuk perjuangan sampingan Macam-Macam Penyakit Pada Ikan - Info seputar Ikan


Cara mengatasi penyakit Protozoa atau Ich ini sama menyerupai penyakit lain, yaitu: 
  • Sediakan garam dapur (NaCI) dengan takaran 10 - 15 g/liter, kemudian rendam ikan yang terjangkit penyakit tadi selama 15 menitan.
  • Dengan larutan Malacheet Green (MG) dan berdosis 0,006 mg/liter, rendam ikan yang terjangkit penyakit tadi selama 10 menitan, dan lakukan selama 3 hari hingga penyakit ikan ini hilang.
  • Penggantian air 30 - 50% setiap terlihat kotor, atau melaksanakan perputaran arus air. Sehingga air kolam ikan dalam keadaan segar dan higienis dari penyakit.

5. Penyakit yag Disebabkan oleh Learnea Sp
Macam-macam penyakit pada ikan Learnea merupakan penyakit benalu yang nempel dan banyak menyerang tubuh ikan penggalan luar. Penyakit jamur dan kuman sanggup masuk pada ikan disebabkan oleh benalu ini.

Penyebab munculnya penyakit benalu ini pada umumnya oleh materi organik, baik berupa sampah, sisa pupuk dan makanan ikan, aerator yang kurang berjalan stabil, terlalu padat penebaran benih, dan lainnya menyerupai suhu air tinggi.

Tanda atau ciri-ciri ikan terjangkit penyakit benalu ini sanggup teman lihat pada penggalan badan, sirip, dan matanya. Jika terlihat sebuah benalu dan luka, berarti ikan teman perlu untuk diatasi. 

 Suka budidaya ikan untuk perjuangan sampingan Macam-Macam Penyakit Pada Ikan - Info seputar Ikan


Cara mengatasi penyakit benalu ini cukup mudah, ialah sediakan air yang benar-benar higienis dengan cara menyaring air sebelum masuk kolam. Untuk ikannya sanggup di rendam selama 1 - 3 jam dengan larutan PK (Kalium Permanganat = KmnO2) takaran 20 – 25 mg/liter.

Cara lain mengatasi penyakit benalu dengan menggunakan larutan formalin 10% yang berdosis 250 ml/m3 air, selama 10 -15 menit. Ulangi secara rutin 2 - 3 hari. Bisa juga dengan menggunakan materi Dipterex Bromex takaran 0,25 mg/liter.

 Suka budidaya ikan untuk perjuangan sampingan Macam-Macam Penyakit Pada Ikan - Info seputar Ikan


Demikian teman sedikit ulasan ihwal semua macam-macam penyakit pada ikan ini, semoga bermanfaat dan sanggup menambah wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan budidaya dan pemeliharaan ikan hias maupun ikan konsumsi lainnya.

Baca juga:
-Ikan Louhan Stress dan Terserang Penyakit ? Penyebab dan Solusinya
-Ikan Tawar Untuk Obat Kanker
-Tips dan Cara Merawat Ikan Louhan yang Baik dan Benar

Post a Comment for "Macam-Macam Penyakit Pada Ikan - Gosip Seputar Ikan"