Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prospek Bisnis Ikan Bawal Yang Menjanjikan Keuntungan

Prospek Bisnis Ikan bawal Infoikan.com Kehadiran ikan bawal yang sudah cukup usang telah membawanya melanglang buana hamper ke seluruh pelosok tanah air hingga menjadi populer.

Nama latin ikan bawal Colossoma macropomun ini pertama kali masuk ke Indonesia dari Singapura dan dibawa oleh para importir ikan hias.

Di negeri asalnya, yaitu Brasil, ikan bawal banyak dijumpai di sungai-sungai, 
terutama ikan konsumsi.
 

Setelah menyesuaikan diri cukup lama, balasannya ikan yang disebut red pacu bally ini berhasil dikembangbiakkan.

Julukan dari ikan bawal lainnya yaitu gamitama (peru), cachama (Venezuela), sedangkan di negerinya sendiri disebut tambaqui.

Berikut beberapa laba prospek bisnis ikan bawal yang sudah banyak dikerjakan oleh sebagian pembudidaya.

 Kehadiran ikan bawal yang sudah cukup usang telah membawanya melanglang buana hamper ke se Prospek Bisnis Ikan Bawal yang Menjanjikan Keuntungan


Prospek Bisnis Ikan Bawal


Potensi Sumber Daya Alam yang Mendukung

Sebagai negara beriklim tropis, Indonesia hanya dilalui oleh dua trend (hujan dan kemarau). 

Hal ini menjadi faktor penunjang yang cukup potensial bagi perkembangan perjuangan budidaya ikan bawal alasannya yaitu dengan 2 trend tersebut, kehidupan ikan bawal tidak akan mengalami gangguan.

Terutama ketika masa pemijahan ikan bawal.

Kondisi ini tentu tidak sanggup diperoleh di negara-negara lain yang jauh beriklim subtropis alasannya yaitu setiap tahunnya harus mengalami 4 kali pergantian musim.

Dengan trend yang demikian, kehidupan ikan bawal tentu akan mengalami sedikit gangguan, sehingga proses pemijahan pun menjadi terhambat.

Indonesai juga cukup potensial dalam hal ketersediaan sumber daya alamnya, sebagai teladan luasnya perairan bahari sebagai penghasil ikan dengan jumlah dan beragam.

Selain itu, tanah yang terhampar luas dan subur serta sungai yang mengalir sepanjang tahun menjadi area yang baik untuk budidaya ikan, khususnya ikan bawal.

Potensi Pertumbuhan yang Cepat

Tingginya seruan pasar akan ikan bawal ternyata belum diimbangi dengan pemenuhannya alasannya yaitu jumlah pasokan ikan bawal sanggup dibilang masih rendah.

Sebenarnya, jumlah seruan pasar akan ikan bawal yang masih belum sanggup dipenuhi merupakan angin segar bagi para pebisnis yang ingin menanam modalnya di sektor pertanian.

Bukan tidak mungkin, laba yang besarpun akan didapuk di depan mata.

Lahan bisnis yang potensial dari perjuangan ikan bawal yang patut untuk dilirik antara lain menjadi pembudidaya yang pribadi menangani budidaya ikan bawal, suplayer, atau pedagang.

Salah satu pilihan yang dianggap sempurna untuk diseriusi yaitu menjadi seorang pembudidaya bawal.
 

Hal ini alasannya yaitu tidak terlalu sulit dalam membudidayakan ikan bawal.

Walaupun dalam pemijahannya ikan bawal harus dibantu melalui teknik dari pembenihan, pendederan, hingga pembesaran.

Ikan bawal sanggup dipelihara di tempat-tempat yang sudah dikenal aeperti bak air hening (KAT), bak air deras (KAD), keramba jaring apung (KJA), atau yang sedang tren ketika ini pembesaran di bak terpal.

Bisnis Ikan Bawal Intensif dan Ekstensif

Sistem pemeliharaan sanggup dilakukan intensif dengan kepadatan tinggi atau sanggup juga seara ekstensif dengan kepadatan rendah.

Melalui kedua sistem tersebut, ikan bawal sanggup tumbuh dan dipanen lebih cepat.

Selain pertumbuhan yang cepat, ikan bawal juga emmiliki tingkat kehidupan yang tinggi dari ikan mas dan nila.
 

Bila ikan mas dan nila mempunyai tingkat kehidupan sekitar 70%, ikan bawal sanggup mencapai 85% dan terkadang mencapai 95%.

Hal ini alasannya yaitu ikan bawal sangat toleran terhadap perubahan lingkungan dan tanah terhadap serangan penyakit.

Terbukanya Pasar Ikan Bawal

Prospek bisnis ikan bawal akan selalu menguntungkan bagi pemeliharanya.

Karena kepopuleran ikan bawal telah membuka jalan bagi pasarnya, yaitu melihat adanya seruan pasar yang setiap hari semakin meningkat setiap tahunnya.

Hal ini boleh dibilang masuk akal alasannya yaitu ikan bawal sanggup berfungsi ganda, sebagai ikan hias ketika masih benih dan sebagai ikan konsumsi sesudah besar.

Kondisi mirip ini jarang terjadi pada ikan-ikan jenis lain. Inilah satu kelebihan dari budidaya ikan bawal.

Prospek Bisnis Ikan Bawal sebagai Ikan Hias
Sebagai ikan hias, bawal ibarat bentuk ikan hias discus yang memang cukup terkenal di kancah jenis ikan hias.

Selain itu, watan tubuhnya yang perak mengkilap dengan ujung sirip-sirip berwarna kemerahan akan menciptakan semakin menarik bila dipelihara dalam akuarium yang dilengkapi lampu violet.

Gerakannya yang mempesona, yakni bergerak secara bergerombol ke setiap bab akuarium membuatnya layak dijadikan sebagai ikan hias.

Prospek Bisnis Ikan Bawal sebagai Ikan Konsumsi

Sementara itu, sebagai ikan konsumsi, ikan bawal mempunyai daging yang tebal dengan cita rasa yang tidak kalah dengan ikan konsumsi jenis lainnya, tentunya sanggup dimasak dalam bentuk olahan apapun.

Tak heran bila diberbagai sudut kota, seprti Batam, Jakarta, dan Surabaya banyak warung atau restoran yang menyajikan kuliner ikan bawal dalam sajian andalannya.

Selain itu, gizinya pun cukup tinggi sehingga sangat cocok dijadikan sebagai sumber asupan gizi keluarga.
 

Selain sebagai ikan hias dan ikan konsumsi, ternyata ikan bawal telah usang dijadikan sebagai ajang rekreasi bagi sebagian masyarakat,

Terutama bagi orang-orang yang ingin menghilangkan rasa jenuh sesudah bergelut dengan aktifitas rutinnya.
 

Prospek Ikan Bawal sebagai Ikan Pemancingan’


Ikan bawal yang dijadikan sebagai ikan memancing betah duduk berjam-jam di pinggir kolam, tak heran bila di daerah pemancingan ikan bawal cukup menjamur.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan lain mengapa seruan ikan bawal semakin tinggi.
 

Bertambahnya jumlah penduduk juga menjadi hal lain yang tak sanggup menciptakan jumlah konsumen ikan, termasuk ikan bawal, semakin bertambah.

Belum lagi adanya kesadaran insan dalam mengkonsusmi kuliner yang sehat dan kondusif bagi tubuhnya,
 

Sehingga ikan yang memang berkadar kolesterol rendah sanggup menjadi alternatif jenis kuliner sehat yang sanggup dikonsumsi oleh semua kalangan, termasuk para penderita darah tinggi.

Bagaimana sobat, masih berfikirkah akan prospek bisnis ikan bawal yang akan membawakan laba mendadak? Yuk, jangan hingga ketinggalan untuk memulai bisnis ikan bawal.

Post a Comment for "Prospek Bisnis Ikan Bawal Yang Menjanjikan Keuntungan"