Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Dan Cara Merawat Ikan Louhan Yang Baik Dan Benar

Cara Merawat Ikan Louhan Infoikan.com Hoby memelihara ikan louhan di aquarium? atau ingin budidaya ikan louhan untuk perjuangan ikan hias? Ikan louhan merupakan jenis ikan hias yang gampang dipelihara. Merawat louhan bukanlah pekerjaan sulit, yang penting yaitu menjaga kualitas air, mongontrol kualitas pakan, serta melaksanakan sterilisasi perawatan.

Salah satu ikan hias yang banyak digemari serta terdapat kelebihan tersendiri yaitu, mempunyai bentuk jenong serpihan dahi dan warnanya yang indah. Untuk cara merawat ikan louhan harus benar-benar dengan baik dan benar, biar kelebihan tadi sanggup muncul. Dari itu kita harus bisa mengetahui bagaimana cara merawat ikan louhan yang baik dan benar. Berikut tips dan cara merawat ikan louhan yang baik:

  Hoby memelihara ikan louhan di aquarium Tips dan Cara Merawat Ikan Louhan yang Baik dan Benar


Aquarium

Aquarium untuk merawat ikan louhan harus di sesuaikan dengan ukuran tubuhnya, lebih baik agak besar. Pada umumnya ukuran yang paling ideal yaitu 3/4 dari bentuk badan ikan louhan. Misalnya ikan louhan kita mempunyai panjang antara 40-50 cm, sebaiknya ukuran akuarium yang dipakai untuk ikan louhan kita mempunyai dimensi sekitar 200X70X80cm. 

  Hoby memelihara ikan louhan di aquarium Tips dan Cara Merawat Ikan Louhan yang Baik dan Benar


Cara Merawat Ikan Louhan-Perlengkapan Aquarium

Untuk mempermudah dalam perawatan serta menunjukkan kenyamanan memelihara ikan louhan, ada beberapa jenis perlengkapan aquarium yang berfungsi mempercantik dalam merawat ikan louhan. Beberapa perlengkapan aquarium antara lain sebagai berikut:

Aerator
 
Merawat dan memelihara ikan di akuarium sangat berbeda dengan ikan yang hidup di alam bebas. Ikan yang ada di alam bebas mendapat udara atau oksigen lebih banyak dibandingkn dengan ikan yang dipelihara di dalam akuarium. Oleh alasannya itu, ikan yang dipelihara di dalam akuarium memerlukan derma alat untuk menyuplay oksigen.

Alat yang sanggup dipakai untuk menyuplay oksigen ke dalam akuarium salah satunya berupa Aerator atau pompa udara. Fungsi Aerator sendiri untuk menghasilkan udara ke dalam akuarium dan mengeluarkan udara dari sisa-sisa pernafasan ikan. Cara menentukan aerator yang bagus, pilihlah aerator yang bisa membuang banyak udara, tetapi memerlukan sedikit pemikiran listrik.


  Hoby memelihara ikan louhan di aquarium Tips dan Cara Merawat Ikan Louhan yang Baik dan Benar


Cara Merawat Ikan Louhan Agar tidak Stress-Heater&Thermometer

Agar pertumbuhan ikan louhan baik dan maksimal, suhu air di dalam akuarium perlu untuk diatur. Karena sangat menghipnotis pertumbuhan ikan louhan kalau suhu air di dalam akuarium dingin. Cara untuk mengetahui suhu air di dalam akuarium yaitu dengan memakai thermometer.

Suhu udara yang ideal untuk ikan louhan sekitar 28-30 derajat celcius. Jika thermometer mengambarkan suhu air akuarium dalam keadaan dingin, kita bisa menaikkan suhu udara dengan memakai alat Heater atau alat pemanas.


Perlengkapan Aquarium-Filter

Dari pembahasan diatas sudah di singgung, bahwa cara merawat ikan louhan yang paling utama tak lain yaitu menjaga kualitas airnya. Harus diperhatikan dilema kebersihan air di dalam akuarium. Jika air akuarium kotor, maka kemungkinan besar ikan louhan kita akan mati. Jadi, kita harus selalu membersihkan air akuarium. Hal ini biasanya pemberian pakan yang terlalu banyak, dan menjadikan sisa-sisa pakan tersebut berjatuhan di dasar air.

Untuk mengatasi permasalahan ini, teman bisa memakai alat filter atau penyaring air. Filter mempunyai fungsi untuk menyaring air akuarium setiap ketika biar tetap selalu bersih. Keadaan air senantiasa berputar mengambil kotoran sekaligus menciptakan gelembung udara segar. Namun, kita masih perlu untuk mengganti air akuarium setiap ketika kalau keadaannya sudah tidak memungkinkan untuk kesehatan ikan louhan.

  Hoby memelihara ikan louhan di aquarium Tips dan Cara Merawat Ikan Louhan yang Baik dan Benar


Penerang

Agar ikan louhan yang ada di aquarium tidak menjadi penakut, alat penerang ini berfungsi untuk melatih ikan louhan menjadi lebih enjoy. Untuk menerangi akuarium, kita bisa memakai lampu TL. Selain untuk menerangi akuarium kita, lampu TL juga berfungsi untuk menambah keindahan akuarium sobat. Namun, lampu TL ini sanggup menghasilkan suhu panas, sehingga sanggup menghipnotis suhu pada air akuarium. Jadi, kita perlu memperhatikan ukuran lampu TL dengan ukuran akuarium. Ukuran lampu TL yang ideal untuk akuarium 80X40 cm yaitu 20 watt.

  Hoby memelihara ikan louhan di aquarium Tips dan Cara Merawat Ikan Louhan yang Baik dan Benar


Cara Merawat Ikan Louhan-Pelengkap Aquarium Tanaman Air

Tanaman aquarium ini bermanfaat biar wadah yang teman sediakan seolah-olah pada habitat orisinil ikan louhan tinggal. Serta sanggup mempercantik dan memperindah dalaman aquarium sobat. yang lebih berkesan menjadikan ruangan kelihatan asri dan sejuk dan segar.

  Hoby memelihara ikan louhan di aquarium Tips dan Cara Merawat Ikan Louhan yang Baik dan Benar


Pasir&Bebatuan

Sebelum memasukkan batuan dan kerikil, terlebih dahulu teman bisa kasih pasir sebagai landasan. Jenis pasir terbaik pada umumnya berasal dari sungai dan masih tercampur dengan humus. Sedangkan untuk kerikilnya, bisa sediakan yang berukuran 3 mm untuk ditambahkan di dalam akuarium kita. 

  Hoby memelihara ikan louhan di aquarium Tips dan Cara Merawat Ikan Louhan yang Baik dan Benar


Cara Merawat Ikan Louhan-Makanan yang Baik

Agar ikan louhan sanggup tumbuh dan berkembang dengan baik, perlu pakan louhan berkualitas, dan makanannya harus diperhatikan. Makanan yang bagus untuk ikan louhan terdapat dua macam, yaitu kuliner alami dan kuliner buatan. Makanan alami sanggup berupa cacing rambut, cacing sutra, cacing tanah, cacing darah, kutu air, artemia, jentik nyamuk, dan udang.

Sedangkan kuliner buatan teman bisa menyediakan berupa pakan pelet yang khusus untuk ikan louhan. Pemberian pakan dengan memakai pelet sebaiknya dibiasakan semenjak ikan louhan masih kecil. Kita bisa mengkombinasikan kedua macam kuliner tersebut. Biasanya pakan pelet ini hanya digunakn alternatif ketika pakan alaminya habis.


  Hoby memelihara ikan louhan di aquarium Tips dan Cara Merawat Ikan Louhan yang Baik dan Benar


Pengontrolan Aquarium

  Hoby memelihara ikan louhan di aquarium Tips dan Cara Merawat Ikan Louhan yang Baik dan Benar


Akuarium untuk cara merawat ikan louhan setiap hari harus dilihat atau dikontrol suhu airnya, ph airnya, dan kebersihan airnya. Selain itu, kita juga perlu menciptakan agenda untuk mengganti air akuarium kita. Jadwal yang ideal untuk mengganti air di dalam akuarium sekitar satu atau dua ahad sekali. Untuk mengetahui kondisi suhu air, kita bisa memanfaatkan thermometer yang sudah kita sediakan. Sedangkan, ph air sanggup diketahui dengan alat pengukur ph. Ph air normal untuk akuarium antara 6-8,5. Karena kita sudah memakai filter, penggantian air akuarium tidak perlu terlalu sering.

Sekian dulu teman sedikit berbgi wacana cara merawat ikan louhan ini, semoga bermanfaat dan sanggup menunjukkan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang pemeliharaan berikutnya. 

Baca juga:
- Ini Dia Makanan Terbaik Ikan Louhan biar Merah, Jenong, dan Cepat Besar
- Ikan Louhan Stress dan Terserang Penyakit ? Penyebab dan Solusinya
- Jenis Ikan Hias Louhan Termahal dan Terbesar Sedunia
 - Jenis Dan Harga Ikan Louhan Saat Ini

Post a Comment for "Tips Dan Cara Merawat Ikan Louhan Yang Baik Dan Benar"