Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Gabus? Ini Beliau Pembagian Terstruktur Mengenai Dan Morfologinya Yang Harus Teman Tau

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Gabus Infoikan.com Suka mengkonsumsi ikan gabus buat menjaga kesehatan? atau mencari ikan gabus untuk di budidayakan? Ikan gabus merupakan jenis ikan air tawar yang keuntungannya banyak dicari orang. Dengan harga ikan gabus yang tak mahal, para penjual di pasaran hampir kewalahan menyediakan stok dewasanya.

Khusus buat sahabat yang kurang mengetahui akan klasifikasi dan morfologi ikan gabus sanggup membaca rangkuman berikut. Dengan khasiat ikan gabus yang multyfungsi dan sudah diakui oleh seluruh rumasakit manapun, menyebabkan daya unik tersendiri. Yaitu dijadikan ajang perjuangan ikan dengan hasil memuaskan. Nah berikut pembagian terstruktur mengenai dan morfologi ikan gabus yang sanggup sahabat ketahui.
Baca juga: Cara Terbaru Budidaya Ikan Gabus (Kutuk) Di Kolam Tanah, Terpal, & Beton dengan Hasil Melimpah

 Suka mengkonsumsi ikan gabus buat menjaga kesehatan Ikan Gabus? Ini Dia Klasifikasi dan Morfologinya yang Harus Sobat Tau


Klasifikasi dan Morfologi Ikan Gabus 

Ikan ini mempunyai bentuk badan memanjang, dan pada bab belakang berbentuk pipih ( compressed ). Sedangkan pada bab depan berbentuk cembung, untuk perut rata dan bab kepala pipih atau hampir ibarat kepala ular ( head snake ). Warna punggung ikan ini hijau kehitaman dan bab perut berwarna putih atau krim.

Berdasarkan hasil penelitian dari Anonim, 2012 ikan gabus ini sanggup diklasifikasi dan morfologi menurut taksonomi diantarnya yaitu.

Klasifikasi Ikan Gabus sebagai berikut: 


Kingdom      : Animalia
Filum           :  Chordata
Kelas           : Actionopterygii
Ordo            : Percformes
Famili          : Channidae
Genus          : Ophiocephalus
Spesies        : Ophiocephalus striatus ( Channa striata )


Ada dua spesies ikan gabus yang sanggup di temukan ialah :
•Channa micropeltes
•Channa pleuropthalmus


Morfologi Ikan Gabus
Pada umumnya bentuk badan ikan gabus lingkaran dan panjang, kira-kira panjangnya sanggup mencapai 1 meteran. Berat ikan gabus sendiri kisaran antara 2-5 kg, pada bab kepala, Perut, Punggung, dan ekor terdapat sisik yang sangat tebal dan kasar.
Baca juga: Manfaat Ikan Gabus (Kutuk) Untuk Pasca Operasi dan Kesehatan Lain

 Suka mengkonsumsi ikan gabus buat menjaga kesehatan Ikan Gabus? Ini Dia Klasifikasi dan Morfologinya yang Harus Sobat Tau


Klasifikasi dan morfologi ikan gabus yang lainnya:
Bagian sirip punggung memanjang
Pada bab ujung sirip ekor juga berbentuk lingkaran dan memanjang.
Bagian sisi atas badan sampai bab ekor mempunyai warna kegal, kehitaman dan kehijauan, sedangkan pada bab perut terdapat warna putih atau krim.
Bagian sisi samping terdapat garis maupun coret tebar ( striata ), warna ini biasanya tergantung dengan habitat dan lingkungannya.


Mempunyai gigi yang keras dan tajam untuk mengunyah dan mencabik pakannya. Dari protein yang bervariasi yang ada di dalam badan ikan ini, menyebabkan ikan gabus berbau anyir dari hasil penguraian (dekomposisi) masakan tadi. Dan zat amonia dari senyawa sulfur dan materi kimia amina yang berasal dari penguraian asam amino.

Baca juga: Cara Memasak Ikan Gabus (Kutuk) Untuk Obat Kanker, Stroke, Ginjal, & Tuberkolusis

 Suka mengkonsumsi ikan gabus buat menjaga kesehatan Ikan Gabus? Ini Dia Klasifikasi dan Morfologinya yang Harus Sobat Tau

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Gabus-Kandungan Gizi dalam Tubuh

Ternyata dalam badan ikan gabus terdapat beberapa gizi yang bermanfaat bagi badan manusia. Berikut beberapa kandungan gizi ikan gabus:

No    Unsur Gizi    Jumlah    Satuan
1       Energi          116          Kal
2        Air              69,6         G
3        Protein        25,2         G
4         Lemak         1,7         G
5        arbohidrat      0           G
6       Lemak jenuh   3.6        G
7         Kalisium     62          Mg
8        Fosfor         176         Mg
9       Besi              0,9         Mg
10      Vitamin A    45          Mcg
11      Vitamin B     0,04       Mg
12      Vitamin C     0            Mg


Dari beberapa daftar gizi tersebut, ternyata ikan gabus mempunyai manfaat yang sangat luar biasa, bahkan sanggup juga sahabat gunakan sebagai obat aternatif untuk menyembuhkan penyakit.

Demikian sedikit ulasan wacana klasifikasi dan morfologi ikan gabus ini, agar bermanfaat dan sanggup menambahkan wawasan serta pengetahuan kita pada jenjang berikutnya dengan duduk kasus mengambil khasiat dan manfaat ikan gabus ini.

Post a Comment for "Ikan Gabus? Ini Beliau Pembagian Terstruktur Mengenai Dan Morfologinya Yang Harus Teman Tau"