Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Timbulnya Penyakit Pada Lele Yan Harus Di Hindari

Penyebab Timbulnya Penyakit pada Lele  Masalah kesehatan lele yang dipelihara dalam kolam pemeliharaan sangat penting diperhatikan. Sebab kesehatan lele akan memilih keberlangsungan hidup dari lele yang bersangkutan. 

Dalam perjuangan budidaya lele secara intensif dilema kesehatan lele mendapat perhatian yang sangat penting. Lele yang sehat mengatakan pertumbuhan yang baik. Lele yang sehat juga disukai konsumen. 

Lele dikatakan sehat kalau tidak diserang penyakit dan pertumbuhan lele berlangsung dengan baik. Lele ibarat jenis ikan air tawar yang lainnya, juga sanggup di serang hama dan bibit-bibit penyakit. 

Baca Ini:
Panduan Lengkap Cara Ternak Ikan Lele


Masalah kesehatan lele yang dipelihara dalam kolam pemeliharaan sangat penting diperhatika Penyebab Timbulnya Penyakit pada Lele yan Harus di Hindari


Berbagai jenis hama dan bibit penyakit yang biasa menyerang ikan-ikan air tawar sanggup pula menyerang lele. 

Serangan hama dan bibit-bibit penyakit pada lele sanggup menghambat pertumbuhan lele dan menimbulkan kematian lele, terutama lele yang masih muda atau dalam masa pertumbuhan. 

Bibit-bibit penyakit sanggup menyerang lele sehabis dua ahad masa penebaran benih lele ke dalam kolam pemeliharaan. Penyebab timbulnya penyakit pada lele penyakit biasanya dari golongan jamur, bakteri, atau parasit. 

Baca juga:

Budidaya Ikan Lele Organik Hemat Pakan Hasil Melimpah


Penyebab Timbulnya Penyakit pada Lele


Serangan bibit-bibit penyakit pada lele sanggup di awali dari terlukanya kulit tubuh lele. Mengapa sanggup demikian itu jenis ikan air tawar yang lain umumnya mempunyai sisik melapisi kulit tubuhnya. 

Fungsi sisik pada ikan dipakai untuk melindungi hewan ini dari gangguan lingkungan. 

Sementara itu lele termasuk ikan yang tidak bersisik. Padahal fungsi sisik pada jenis ikan sangat penting biar tidak gampang terluka dari benturan benda keras, runcing, dan lainnya. 

Jika kulit lele terluka, maka lele gampang mengeluarkan lender yang berlebihan. Lendir ini sanggup menjadi media hidup bekteri yang bersifat parasite atau basil yang sanggup menjadikan penyakit. 

Cara Mencegah Lele dari Penyakit

Oleh lantaran itu tindakan awal penceg ahan lele terhindar dari serangan bibit-bibit penyakit yang paling sempurna ialah menjaga biar kulit tubuh lele tidak terluka. 

Tip menjaga biar lele tidak gampang terluka selama dalam kolam pemeliharaan sebagian telah dikemukakan dalam uraian di pecahan depan, ibarat penebaran benih lele yang seimbang dengan luasan kolam, tidak memasang benda-benda runcing dalam kolam, dinding kolam di kondisikan landai, dan lain sebagainya.   

Di tengarainya lele mengidap suatu penyakit atau gejala-gejala lele akan sakit sanggup diketahui dikala dilakukan pengontrolan terhadap lele-lele dalam kolam pemeliharaan. 

Teknik pengontrolan kesehatan lele telah dikemukakan dalam uraian sebelum ini. 

Sebagai tindak satu kolam pemeliharaan terdapat seekor lele atau beberapa lele yang menderita suatu penyakit, maka lele sakit tersebut harus segera diobati. 

Ikan tidak segera di atasi, ,maka peyakit itu sanggup menular ke lele-lele lain yang masih sehat. 

Baca:

Obat Agar Lele Cepat Besar Hasil Melimpah dan Seragam

Vitamin Ikan Lele untuk Mempercepat Pertumbuhan


Penyakit Lele Sering Timbul? Berikut Penyebab dan Obatnya


Cara penularan penyakit atau penyebab timbulnya penyakit pada lele sanggup terjadi dengan dua cara, yakni melalui kontak tubuh tanggapan kepadatan populasi lele yang tinggi dan malalui air tanggapan penyakit yang diidap lele lain. 

Oleh lantaran itu pnting diperhatikan kapasitas kolam pemeliharaan dikondisikan tidak terlalu padat dihuni lele-lele. 

Selain dikendalikan dilema kepadatan lele dalam kolam, kebersihan air penting senantiasa dijaga biar bibit-bibit penyakit tidak mudah berkembang dalam kolam dan menyerang lele-lele yang hidup didalamnya. 

Dari sekian penyebab penyakit yang menyerang lele pada prinsipnya sanggup dibedakan menjadi dua, yakni penyakit parasiter dan non parasiter. 
Penyakit parasiter ialah penyakit yang disebabkan oleh parasite, ibarat virus, bakteri, jamur, cacing, dan udang renik. 

Penyakit non parasiter ialah penyakit yang disebabkan oleh factor kimia, fisika, atau pakan yang kurang baik, ibarat kandungan oksigen yang kurang, derajat keasaman ph yang terlalu asam, terjadinya perubahan suhu yang mendadak, kekurangan vitamin dan mineral, serta pakan yang telah membusuk.

Berkaitan dengan aktivitas sumbangan pakan pada lele hendaknya selalu sanggup dikontrol secara baik mengenai jenis, kualitas, maupun kuantitas pakan yang diberikan pada lele. 

Karena hal demikian sanggup menjadikan penyebab timbulnya penyakit pada lele dan akan menurunka kualitas sebagai lele yang mempunyai kualitas serta kuantitas kurang bagus.

Baca juga yuk,.

Ciri Khusus Ikan Lele dan Fungsi Anggota Tubuhnya

Hal itu penting mengingat pakan merupakan porsi terpenting untuk lele yang akan memilih tingkat keberhasilan perjuangan budidaya lele secara intensif. 

Post a Comment for "Penyebab Timbulnya Penyakit Pada Lele Yan Harus Di Hindari"