Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Beliau Penyakit Ikan Patin Dan Obat Alaminya Cepat Sembuh

Penyakit Ikan Patin Beberapa macam jenis dan hama ikan patin sebetulnya sudah dibahas, namun kali ini hanya spesifik lagi mengenai penyakit saja.

Kejadian ini dialami oleh sebgai peternak ikan konsumsu khususnya ikan patin yang menemukan jenis penyakit di dalam kolam.

Dari sinilah sanggup diteliti dengan cara mengambil sampel tubuh ikan yang terdapat luka-luka lalu diobati secara alami.

Untuk memudahkan menemukan nama obat alami tersebut, selanjutnya dibuatkan racikan lengkap dari tanaman liar yang berbentuk cairan juga kapsul berbubuk.

Tentunya obat penyakit patin ini sanggup dengan gampang sanggup Anda cari di toko terdekat dimana teman berdomisili. Adapaun kriteria jenis penyakit ikan patin dan obatnya sanggup dilanjut baca berikut.

Baca: Jenis Hama Ikan Patin dan Cara mengatasinya

Penyakit Ikan Patin

 Beberapa macam jenis dan hama ikan patin sebetulnya sudah dibahas Ini Dia Penyakit Ikan Patin dan Obat Alaminya Cepat Sembuh


Penyakit Ikan Patin NON-INFEKSI 


Penyakit yang timbul akhir adanya gangguan faktor yang bukan patogen, ibarat keracunan dan kekurangan gizi. 

Keracunan 

Ada beberapa faktr yang menjadikan ikan patin keracunan, antara lain pinjaman pakan yang kualitasnya  kurang baik dan terjadinya pencemaran air yang di sebabkan oleh materi organik, ibarat sisa pakan yang telah membusuk. 

Tanda ikan patin yang keracunan sanggup di lihat dari cara berenangnya yang megap-megap di permukaan air. 

Keracunan pada ikan sebetulnya sanggup di cegah. Caranya yaitu dengan memperlihatkan pakan yang sesuai dengan anjuran. Selain itu, media budidaya harus senantiasa bersih. 

Kekurangan gizi 

Kekurangan gizi umumnya di sebabkan oleh pinjaman pakan pelengkap yang kurang bermutu. Akibatnya, ikan terlihat kurus, kepala relatif besar, dan gerakan kurang lincah. 

Untuk mencegah biar ikan patin tidak kekurangan gizi, pinjaman pakan harus dalam jumlah cukup, mengandung protein yang tinggi, serta dilengkapi dengan vitamin dan mineral. 

Baca juga: Teknik Pembesaran Ikan Patin yang Benar

Penyakit Ikan Patin AKIBAT INFEKSI 

 Beberapa macam jenis dan hama ikan patin sebetulnya sudah dibahas Ini Dia Penyakit Ikan Patin dan Obat Alaminya Cepat Sembuh


Penyakit yang di sebabkan parasit

Bintik putih atau lebih terkenal dengan sebutan white spot merupakan jenis penyakit yang sering menyerang patin. 

Penyakit ini di sebabkan oleh sejenis benalu berjulukan ichtyophtirius multifiliis. Patin yang masih berumur 1-6 ahad sangat rentan terjangkit penyakit ini. 

Gejala serangan penyakit ini sanggup di lihat dengan adanya bintik-bintik putih di tubuh ikan, terutama lapisan lendir kulit, sirip, dan lapisan insang. Selain itu, ikan juga terlihat berenang tidak normal.

Penyakit Ikan Patin di sebabkan bakteri 


Jenis basil yang sering menyerang ikan aptin yaitu aeromonas sp. Dan pseudomonas sp. Penyakit ini menyerang cuilan perut, dada, dan pangkal sirip. 

Serangan yang parah akan menjadikan perdarahan dan lendir pada patin. 

Jika sudah demikian, patin sulit di sembuhkan dan harus segera di musnahkan biar tidak menular kepada patin yang lain. 

Jika belum parah, pengobatan yang sanggup di lakukan yaitu merendam ikan tersebut ke dalam larutan pk sebanyak 10-20 ppm selama 30 -60 menit. 

Adapun obat-obatan lain yang sanggup di gunakan yaitu larutan notrofuran sebanyak 5-10 ppm atau larutan oksitetrasiklin sebanyak 5 ppm. Pengobatan atau perendaman dengan obat ini di lakukan selama 12-24 jam. 

Selain merendam ikan, pengobatan sanggup pula dilakukan dengan mencampurkan obat-obatan ke dalam pakan patin. 

Salah satu obat yang sanggup di gunakan yaitu chloromycetin sebanyak 1-2 gr untuk setiap 1 kg makanan. 

Baca: Pembesaran Ikan Patin Secara Intensif

Penyakit Ikan Patin di sebabkan jamur 

 Beberapa macam jenis dan hama ikan patin sebetulnya sudah dibahas Ini Dia Penyakit Ikan Patin dan Obat Alaminya Cepat Sembuh


Jenis jamur yang sering menyerang ikan patin yaitu dari golongan achlya sp. Dan saprolegnia sp. 

Serangannya biasa terjadi ketika terdapat luka menganga di tubuh ikan akhir penanganan yang kurang tepat, baik ketika melaksanakan pemanenan maupun pada proses pengangkutan. 

Luka tersebut selanjutnya di tumbuhi benang-benang halus berwarna putih sampai kecoklatan. 

Tindakan yang sanggup di lakukan untuk mencegah serangan jamur ini yaitu dengan menjaga kualitas air dan melaksanakan panen dengan baik biar ikan-ikan aptin tidak mengalami luka-luka. 

Namun, jikalau patin terlanjur terserang, segera rendam ikan tersebut ke dalam larutan malachyte green oxalate dengan takaran 2-3 gr per m3 air selama 30 menit. 

Lakukan pengobatan ini selama tiga hari berturut-turut.  

Bagi Anda yang dikala ini sedang ternak patin, kenali semua jenis penyakit ikan patin di atas, secara otomatis teman juga akan menemukan obat yang cocok untuk menyembuhkannya.

2 comments for "Ini Beliau Penyakit Ikan Patin Dan Obat Alaminya Cepat Sembuh"

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete