Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Sirip Ikan Beserta Keterangannya Yang Harus Teman Diketahui

Sirip Ikan Beserta Keterangannya ikan konsumsi maupun jenis ikan hias?

Ikan merupakan salah satu binatang yang hidup di pecahan air, baik air tawar, air payau, dan air laut. 

Nama-nama ikan sendiri beraneka ragam, baik ikan konsumsi maupun nama ikan hias air tawar. Begitu juga dengan anggota tubuhnya, ternyata berguna tersendiri.

Salah satunya yang gampang kita tebak yakni ekor, fungsi ekor pada ikan tak lain untuk memperlihatkan embel-embel tenaga supaya besar lengan berkuasa berenang. Ini merupakan fungsi secara umum dan gampang kita analisa.

Dilengkapi pula dengan sisik, sisik ini layaknya kita yakni sebagai pakaian. Untuk fungsi sisik pada ikan sebagai hiasan, pelindung ketika berenang terutama ketika melawan arus yakni supaya gampang menyesuaikan air tersebut.

Keberlanjutannya pecahan dari ikan yang akan kita perinci yaitu sirip ikan beserta keterangannya. Berikut fungsi pecahan tubuh ikan yang harus teman ketahui.

 Atau ingin tahu fungsi sirip dorsal ikan 5 Sirip Ikan Beserta Keterangannya yang Harus Sobat Diketahui


Sirip Ikan Beserta Keterangannya


Mungkin sebagian dari kita yang sudah remaja tak akan menghiraukan dari pada semua pecahan dari ikan. Namun, untuk pelajar biasanya muncul pertanyaan apa sih fungsi sirip pada tubuh ikan?

Berikut beberapa nama sirip ikan beserta fungsinya dan nama latinyya:
Jumlah sirip ikan ada 6 diantaranya yang terkenal diketahui yakni sebagai berikut:
  1. sirip dada (Pinnae Pectoral),
  2. sirip punggung (Pinnae Dorsalis),
  3. sirip ekor (Pinnae Caudalis),
  4. sirip dubur(Pinnae Analis),
  5. sirip perut (Pinnae Ventralis),
  6. dan Adipose fin
Sebenarnya sirip pada ikan dibagi lagi dalam 2 jenis, yaitu sirip tunggal misalnya sirip anus, punggung, ekor. Dan satu lagi sirip berpasangan misalnya sirip pecahan dada dan perut.

Di bawah ini merupakan jumlah 6 sirip ikan dan fungsinya:

1. Sirip Dada (Pinna Pectorali)

Fungsi sirip dada pada ikan yaitu dipakai sebagai penambah daya enrgi supaya sanggup maju, belok ke samping, serta sanggup diam. 

Letak sirip dada terletak di pecahan posterior operculum yakni pada pecahan tengah-tengah tubuh ikan dan terdapat di sisinya.

2. Sirip Punggung (Pinna Dorsalis)

Fungsi sirip punggung pada ikan yakni sebagai penstabil ketika berenang. Biasanya dipakai bersamaan dengan pinna analis (sirip dubur) bila si ikan ingin putar balik tubuh dengan cepat kilat. Letak sirip punggung terdapat di sebelah pecahan dorsal.

3. Sirip Perut (Pinna Ventralis)

Fungsi sirip perut ini yakni untuk berperan si ikan ketika berenang yakni semoga sanggup stabil. Selain itu, sanggup pula berfungsi semoga posisi tubuh ikan tersebut sanggup tetap pada kedalaman tertentu. 

Letar sirip perut ada pada pecahan perut.

4. Sirip Dubur (Pinna Analis) 

Letak sirip dubur terdaat di pecahan belakang tepatnya di posterior anal yang tak lebih jauh bersama dubur ikan.

Fungsi sirip dubur pada ikan tak jauh beda dengan fungsi sirip perut yaitu sebagai penyeimbang atau menstabilkan tubuh ketika sedang berenang.

5. Sirip Ekor (Pinna Caudalis)

Fungsi sirip ekor pada ikan tak lain yakni untuk membantu memperlihatkan dorongan ketika ikan berenang maju, serta berfungsi mengemudi ketika ikan bermanuver. Letak sirip ekor terletak di pecahan posterior yakni ekor (ujung ikan).

6. Adipose Fin

Pada umumnya pecahan sirip ikan yang terakhir ini tidak disebutkan, hal ini sebab tidak semua jenis ikan mempunyai jenis sirip adipose fin. Letak sirip adipose fin ada di pecahan dorsal namun agak ke depan bersahabat pinna caudalis.

Fungsi Bagian Tubuh pada Ikan


Keadaan sirip punggung untuk jenis ikan yang berasal dari kelas Condrichthyes telah diapit oleh beberapa tulang rawan yaitu rawan basal dan tulang rawan radial.

Tulang rawan basal terletak di pecahan bawah yang bertumpu pada cucuk neural. Sedangkan tulang radial terletak sempurna di atas tulang rawan basial yang mempunyai tugas sebagai penunjang jari-jari sirip.

Selesai sudah uraian singkat perihal sirip ikan beserta keterangannya yang sudah dijabarkan di atas. Semoga tambah lagi ilmu pengetahuannya problem perikanan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "5 Sirip Ikan Beserta Keterangannya Yang Harus Teman Diketahui"